4 Aspek Kunci yang Harus Anda Pikirkan Sebelum Memulai Bisnis

Disaat anda mempertimbangkan antara menulis ide usaha dan benar-benar memulai usaha, ada proses yang anda butuhkan untuk melaksanakan yang pada dasarnya menentukan keberhasilan atau kegagalan dalam bisnis yang and arancang tersebut.

Seringkali, calon pengusaha begitu bersemangat tentang pengalaman luar biasa mereka- saat mereka membayangkan kemungkinan baik buruknya ide tersebut, bahwa mereka lupa untuk mencari tahu apakah ide itu layak.

Tentu saja, kadang-kadang ide bisa menjadikan seseorang bekerja lebih baik, namun karena kurangnya riset pasar ide yang besar pun akan menjadi tidak berguna. Sayangnya, ide yang kurang tepat akan menghentikan bisnis di jalurnya. Bila anda bisa meneliti ide bisnis yang akan anda jalankan untuk menjaga tujuan bisnis di jalur yang tepat.

Untuk beberapa pengusaha, mendapatkan ide dan membayangkan ide tersebut kemungkinan adalah bagian yang mudah. Hal ini karena riset pasar yang tidak datang secara alami namun perlu beberapa usaha untuk melakukan riset tersebut. Anda harus memikirkan bagaimana rencana terbaik untuk menemukan bisnis yang akan memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi di pasar.

Pengusaha sering begitu bersemangat tentang ide-ide mereka namun mereka bisa kehilangan objektivitas. Daripada mengambil waktu untuk benar-benar merencanakan bisnis dan melakukan penelitian, hal ini hanya untuk menghabiskan uang pada kegiatan tidak fokus atau tidak bertarget.

Riset pasar, hal ini dapat terbukti sangat berharga dalam menentukan potensi ide anda. Anda dapat mengumpulkan informasi dari asosiasi industri, pencarian web, majalah, badan-badan negara dan sebagainya.

Mencari informasi ke perpustakaan atau meluangkan waktu beberapa jam untuk online dan mencari informasi dapat membuat anda untuk benar-benar memahami pasar.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Tujuan anda adalah untuk mendapatkan pengertian umum dari jenis pelanggan produk atau jasa yang akan anda layani, setidaknya bersedia untuk mencari tahu melalui proses penelitian tersebut. Jika anda tidak tahu apakah produk anda akan menarik bagi pasar kaum muda, pastikan anda menyertakan sampel dari populasi dalam upaya penelitian anda.

Rencana penelitian yang harus menguraikan tujuan penelitian dan memberikan informasi yang anda butuhkan untuk melangkag ke depan dengan ide serta menyempurnakan ide tersebut.

Buat daftar pertanyaan yang harus dijawab dalam penelitian anda dan buat rencana untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Anda bisa memanfaatkan ahli dalam perencanaan dan pelaksanaan pada sesi penelitian para ahli dapat merekomendasikan jenis penelitian yang paling tepat, membantu anda mengembangkan sampel statistik yang valid dan menulis kuesioner dan menyediakan anda dengan obyektif dan netral sumber informasi yang tepat.

Jenis informasi yang akan anda kumpulkan tergantung pada jenis produk atau jasa yang anda ingin jual serta tujuan penelitian secara keseluruhan. Anda dapat menggunakan penelitian untuk menentukan pasar yang potensial, untuk ukuran kompetisi atau untuk menguji kegunaan produk atau layanan jasa anda. “Jika produk berupa barang berwujud anda bisa membiarkan target konsumen melihat dan menyentuh produk tersebut.

ide bisnis dapat dilihat dari empat perspektif yaitu perusahaan, pelanggan, pesaing dan kolaborator. Pendekatan ini memungkinkan penelitian ide bisnis bahkan sebelum mendekati topik pengembangan merek.

Berikut beberapa ide bisnis sebelum anda menentukan bisnis yang tepat:

1 . Perusahaan
Pikirkan ide anda dalam hal fitur produk atau layanan, manfaat bagi pelanggan, kepribadian perusahaa, pesan kunci yang akan disampaikan dan inti menjanjikan untuk menghasilkan kepuasan kepada pelanggan.

2 . Pelanggan
Sebelum menentukan ide bisnis, ada tiga pelanggan yang berbeda dan harus berpikir tentang kaitannya dengan ide tersebut yaitu pembeli, influencer dan pengguna akhir. Pembeli murapakan orang-orang yang membuat keputusan atau menulis cek, sedangkan influencer merupakan individu, organisasi atau sekelompok orang yang mempengaruhi keputusan pembeliandan pengguna akhir adalah orang atau sekelompok orang yang secara langsung akan berinteraksi dengan produk atau layanan anda.

3 . Pesaing
Sekali lagi, ada tiga kelompok yang berbeda yang harus diingat yaitu primer, sekunder dan tersier. Penempatannya dalam setiap tingkat didasarkan pada seberapa sering bisnis anda akan bersaing dengan mereka dan bagaimana anda akan menyesuaikan pesan tersebut ketika bersaing dengan masing-masing kelompok.

4 . Mitra bisnis
Pikirkan organisasi dan orang-orang yang mungkin memiliki kepentingan dalam keberhasilan untuk anda, tetapi tidak secara langsung dibayar atau dihargai untuk setiap keberhasilan bisnis yang mungkin menyadari, seperti asosiasi, media dan organisasi lain yang menjual kepada pelanggan anda. Pendekatan lain untuk penelitian adalah analisis SWOT, yang berarti analisis kekuatan industri anda, produk atau jasa serta kelemahan produk anda seperti cacat desain atau layanan harga dan ancaman potensial.

Analisis SWOT memungkinkan anda untuk memahami kekuatan dan kelemahan dari semua informasi internal seperti birokrasi, pengembangan produk dan biaya untuk faktor eksternal seperti kurs mata uang, politik, budaya dan lain-lain.

Apapun pendekatan yang anda lakukan untuk mengevaluasi ide tersebut, pastikan anda memenuhi tujuan penelitian yang telah diuraikan untuk produk atau layanan anda. Dengan tujuan analisis yang anda lakukan akan membantu anda mengetahui apakah ide terbaik untuk berbisnis.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!