6 Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari dalam Email Marketing

Email marketing merupakan bagian dari strategi pemasaran online yang saat ini masih cukup populer, terutama karena jaman sekarang banyak orang merasa harus memiliki paling tidak satu alamat email bahkan untuk urusan sepele seperti membuat akun jejaring sosial untuk bersenang-senang.

Bagi yang tidak bisa melakukan sendiri metode ini, ada banyak jasa email marketing baik lokal maupun internasional untuk dicoba.

Akan tetapi, bagi yang bisa melakukannya sendiri, berarti nilai plus karena bisa bebas berkreasi dengan hal-hal seperti konten iklan, tampilan email dan sebagainya.

Namun harus diingat bahwa ada beberapa hal yang, walaupun kelihatannya bisa meningkatkan efisiensi atau daya tarik metode pemasaran lewat email anda, sesungguhnya justru malah menghancurkan tujuan utama dari email marketing (yaitu strategi pemasaran yang lebih efektif dan berdampak luas).

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya dihindari dalam merancang dan melaksanakan metode pemasaran lewat email:

1. Ketika ada orang melakukan pendaftaran ke situs anda untuk memeroleh materi pemasaran lewat email, jangan pernah iseng atau tergoda mengganti alamat email yang masuk sekalipun anda merasa bahwa alamat tersebut keliru (misalnya akhiran ‘.com’ yang ditulis ‘.cmo’).

Hal ini karena alamat email adalah sesuatu yang sifatnya cenderung personal dan sensitif sehingga anda tidak perlu melakukan perubahan. Jika ada orang yang memasukkan alamat email yang jelas-jelas salah, lalu anda melihat bahwa materi email marketing anda tidak pernah bisa terkirim, cukup singkirkan alamat email tersebut.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

2. Jika anda memiliki target pemasaran di luar negeri, jangan tergoda menyelipkan simbol dolar lebih dari satu (misalnya $$$) sebagai sarana untuk membuat materi pemasaran anda menjadi lebih memikat.

Saat ini, simbol seperti itu telah identik dengan email spam sehingga banyak pemilik akun yang memasang filter untuk menyaring pesan-pesan dengan isi yang memiliki simbol seperti itu.

3. Hindari mengirim materi pemasaran email pada bulan-bulan yang identik dengan liburan, karena banyak orang yang memilih ‘libur’ membaca email di bulan-bulan seperti itu. sebaliknya, jika anda ingin memanfaatkan momen liburan untuk melakukan email marketing, lakukan kampanye pemasaran lewat email bertema liburan satu atau dua bulan sebelum bulan liburan tersebut (misalnya satu atau dua bulan sebelum pertengahan hingga akhir Desember).

4. Hindari memakai terlalu banyak tanda seru ketika anda ingin menekankan poin penting atau mendorong calon konsumen untuk membeli produk anda.

Selain mubazir, terlalu banyak tanda seru bisa menimbulkan kesan bahwa anda ‘membentak’ dan ‘memaksa’ calon konsumen. Gunakan pilihan kata-kata dan penekanan yang tepat untuk menekankan keunggulan produk alih-alih mengetik terlalu banyak tanda seru.

5. Jangan menunda menjawab email dari konsumen yang tertarik dengan produk anda. Bila perlu, siapkan waktu khusus di satu hari untuk membalas email-email baru. Membalas email dari calon konsumen dalam waktu 24 jam hingga dua hari sudah cukup; hal ini penting dalam email marketing agar calon konsumen tidak merasa diabaikan.

6. Hindari memakai huruf miring untuk memberi penekanan pada poin-poin penting di sales newsletter anda. Tetap gunakan fungsi huruf tebal karena ini lebih mudah dilihat di layar komputer daripada huruf miring.

Akhirnya, jangan lupa untuk selalu memberikan pilihan untuk calon konsumen anda; hal ini penting dalam email marketing karena tidak semua orang suka menerima banjir sales newsletter di email mereka.

Misalnya, anda bisa mencantumkan pertanyaan: “apakah anda ingin menerima kabar terbaru mengenai produk toko kami?” Lalu beri pilihan seperti “ya, saya ingin mendapat kabar tentang produk terbaru” dan “tidak, terima kasih.”

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!