Bagaimana Cara Mempromosikan Usaha Bimbel Supaya Laku?

Usaha bimbingan belajar merupakan jenis bisnis yang cukup laris saat ini, terutama di masa dimana tuntutan dunia pendidikan makin tinggi bahkan sejak anak-anak masih duduk di bangku sekolah dasar.

Karena besarnya tingkat persaingan antar bisnis atau usaha bimbingan belajar, strategi promosi yang kuat dan menarik sangat penting dalam hal memulai usaha bimbingan belajar.

Karena bimbingan belajar termasuk dalam usaha jasa, anda harus memastikan bahwa bukan hanya keunggulan dan layanan istimewa bisnis anda saja yang nampak dalam promosi, namun anda juga harus meyakinkan bahwa usaha anda ini merupakan layanan yang patut dicoba.

Pada dasarnya, konsep dan layanan istimewa dari sebuah usaha bimbingan belajar biasanya sudah pasti telah disusun pada tahap pembentukan dan pembangunan usaha, namun bagaimana mempromosikannya agar tepat sasaran dan bisa menarik sebanyak mungkin calon pengguna jasa yang tertarik?

Berikut ini adalah beberapa tips berguna untuk mempromosikan bisnis jika anda memulai usaha bimbingan belajar.

• Pastikan anda sudah memperkirakan lokasi promosi yang tepat. Karena usaha bimbingan belajar berkaitan dengan siswa sekolah serta para orang tua mereka (yang biasanya menjadi pihak yang memilih serta mendatarkan anak mereka), anda bisa memilih tempat-tempat seperti lokasi dekat sekolah, pusat perbelanjaan dan perumahan.

• Gunakan metode promosi yang sesuai, jika perlu kombinasikan beberapa bentuk strategi promosi. Anda bisa memulai dengan brosur yang dibagikan di lingkungan sekolah, atau anda bisa meminta ijin dari pusat perbelanjaan untuk mendirikan stan dan membagikan brosur serta menerima pertanyaan dari orang yang lewat.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Anda juga bisa membuat situs mengenai bimbingan belajar anda serta akun jejaring sosial khusus untuk berinteraksi langsung dengan mereka yang tertarik, jadi tidak selalu harus lewat telepon.

• Dalam memulai usaha bimbingan belajar, banyak usaha sejenis yang sejak awal telah berniat untuk menembus lingkungan sekolah dengan cara mengajukan proposal kerjasama atau ijin untuk melakukan presentasi di dalam kelas. Di akhir presentasi, tetap jangan lupa untuk membagikan brosur ke para murid dan pastikan bahan presentasi anda digarap sebaik mungkin.

• Masukkan iklan ke berbagai media seperti koran, iklan baris di jejaring sosial dan situs yang berkaitan dengan pendidikan serta keluarga. Saat ini, memasang iklan di internet merupakan salah satu cara tercepat untuk menjangkau banyak calon pelanggan sekaligus dalam waktu singkat.

• Jika anda mengetahui adanya informasi jadwal pameran usaha atau pendidikan, jangan ragu untuk segera memesan tempat dan mendirikan stan untuk mempromosikan usaha bimbingan belajar anda.

Pameran bertema usaha atau pendidikan sangat bagus untuk mempromosikan usaha ini karena pengunjung yang datang lebih terseleksi.

• Jika anda memiliki metode mengajar khusus yang telah anda kembangkan sebagai bagian dari layanan unik usaha bimbingan belajar anda, silahkan jadikan hal itu sebagai poin unggulan dalam promosi.

Saat membuka stan, misalnya, sediakan beberapa meja dan kursi dan berikan demonstrasi mengajar gratis secara singkat (misalnya 10 hingga 15 menit). Dengan demikian, orang banyak akan lebih bisa memahami keistimewaan apa yang anda tawarkan dibandingkan usaha sejenis lainnya.

Promosi yang menarik dan memikat adalah salah satu kunci kesuksesan dalam memulai usaha bimbingan belajar, namun jangan lupa untuk selalu menyesuaikan antara promosi yang anda lakukan dengan kenyataan pelayanan sebenarnya.

Selalu pastikan bahwa layanan usaha bimbingan belajar anda benar-benar telah dirancang dengan baik, sehingga para murid anda beserta orang tua mereka tidak kecewa dengan hasil pengajaran para guru di tempat bimbingan belajar anda.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!