Cara dan Prosedur Peminjaman Kredit Usaha dari Bank

Kredit usaha merupakan salah satu layanan yang diberikan sebuah bank untuk membiayai usaha produktif, dimana jangka waktu pengembaliannya biasanya ditentukan sekitar 5 tahun.

Fasilitas kredit usaha yang disediakan bank menuntut syarat-syarat tertentu dari mereka yang hendak mengajukan permintaan kredit tersebut.

Prosedur meminjam di bank untuk usaha biasanya sedikit bervariasi tergantung bank apa yang anda ajukan permintaan kredit usaha, namun garis besarnya biasanya cukup serupa.

Jika anda sudah tidak memiliki alternatif lain untuk mendapat modal usaha atau membutuhkan modal besar sekaligus, meminjam kredit usaha di bank bisa sangat menguntungkan karena jumlah batas peminjamannya bisa sangat tinggi.

Berikut ini adalah prosedur meminjam di bank untuk usaha dari dua macam bank yang populer sebagai sumber kredit usaha, yaitu BNI dan Bank Mandiri.

BNI
BNI memiliki layanan kredit yang disebut KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang jumlah pinjamannya mencapai 500 juta rupiah dengan batas pengembalian pinjaman 5 tahun, dimana bentuk kredit yang diberikan berupa kredit investasi dan modal kerja.

Program ini cukup disukai para pengusaha karena terkenal mudah dalam hal pengajuannya dan tidak perlu menunggu lama.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Persyaratannya cukup mudah yaitu si peminjam haruslah WNI dan sudah menjalankan usahanya selama minimal setahun, plus harus menyerahkan dokumen seperti fotokopi KTP (suami-istri jika sudah menikah), KK, berbagai Surat Ijin Usaha seperti TDP, SIUP, SITU serta HP, surat ijin dari Kelurahan atau Kecamatan, Surat Nikah dan NPWP (jika permintaan kreditnya di atas 50 juta rupiah). Jika semua sudah dibawa, anda tinggal mengisi formulir dan menunggu kabar persetujuan dari pihak bank.

Bagaimana jika anda membutuhkan pinjaman yang lebih besar? Anda tinggal mengambil kredit BNI Wirausaha yang batas pinjamannya mencapai 1 milyar rupiah. Persyaratannya pun hampir sama, namun anda harus menyertakan fotokopi BPKB, Sertifikat Jaminan serta PBB terakhir serta SHTPU.

Bank Mandiri
Bank Mandiri memiliki program kemitraan untuk mendukung UKM yang disebut Program Kemitraan Mandiri. Pinjaman yang diberikan maksimal 30 juta untuk perorangan atau 100 juta bila untuk lembaga koperasi.

Prosedur meminjam di bank untuk usaha kecil ini juga sangat mudah dan syarat-syaratnya pun ringan, tanpa suku bunga bertingkat atau biaya administrasi dan provisi. Bahkan, bagi si pengusaha kecil, ada nilai plusnya yaitu mendapat pembinaan dan pelatihan usaha serta promosi, karena status si peminjam yang memang sekaligus sebagai mitra Bank Mandiri.

Hal ini tentunya sangat mempermudah dalam hal pengumpulan uang untuk mengembalikan pinjaman tersebut.

Persyaratan yang diberikan Bank Mandiri untuk program kemitraan ini adalah si peminjam harus seorang WNI, sudah menjalankan usahanya selama setahun atau 2 tahun jika itu koperasi, belum pernah mengajukan dan mendapat pinjaman dari bank lain serta jika mungkin memiliki aset senilai 200 juta rupiah atau memiliki omset minimal satu milyar setahun. Dalam hal ini, batas pengembalian pinjaman adalah 3 tahun.

Anda bisa mengajukan pinjaman ini ke unit-unit yang menyalurkan program kemitraan Bank Mandiri (MBDC) yang berlokasi di berbagai kota seperti Banda Aceh, Pematang Siantar, Medan, Jakarta, Cirebon, Surabaya, Bengkulu, Palangkaraya, Banjarmasin, Manado, Batam, Makassar, Manokwari dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, masih ada lebih banyak prosedur meminjam di bank untuk usaha yang bisa anda coba, namun program pinjaman kredit usaha dari BNI dan Bank Mandiri merupakan dua di antara berbagai program yang persyaratannya cukup mudah dan batas pinjamannya cukup tinggi sehingga bisa sangat membantu para pengusaha yang membutuhkan modal.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!