Cara Jitu Agar Sukses dalam Bisnis Busana Muslim Minimalis

Salah satu dari kewajiban muslim adalah menutup aurat sesuai dengan perintah agama. Menggunakan jilbab adalah salah satu cara wanita muslim untuk menutup auratnya. Sebagian besar umat muslim berpakaian masih berorientasi pada cara berpakaian wanita-wanita timur tengah, contohnya kaftan dan tunic.

Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia yang terdiri dari berbagai suku, masing-masing daerah mempunyai pakaian khas tersendiri. Banyak perancang busana muslim di negeri ini ingin menggabungkan antara mode pakaian muslim dengan mode busana muslim nusantara dan menjadikannya sebagai pilihan wanita muslim di negeri ini.

Beberapa contoh busana muslim adalah, baju muslim, blouse, gamis, baju koko, jilbab, mukena, dan aksesoris.
Berbekal adanya kewajiban muslim terutama para perempuannya untuk menutup aurat, ternyata membuka peluang bisnis busana muslim minimalis.

Saat ini bisnis busana muslim telah banyak dilirik kaum wanita karena bisnis tersebut menjanjikan keuntungan yang cukup besar dan memiliki target pasar yang cukup jelas sehingga pelaku usaha tidak terlalu sulit menawarkan busana muslim.

Apalagi sekarang ini masyarakat Indonesia, kehidupan mereka dalam beragama terlihat makin religius.

Salah satu indikasinya adalah semakin maraknya umat muslim baik laki-laki dan perempuan yang mengenakan busana muslim, baik dalam keseharian atau dalam acara-acara tertentu. Mulai dari wilayah pedesaan hingga perkotaan semakin jelas terlihat tanpa memandang status sosial, baik kaya atau pun miskin.

Mereka bersemangat mengenakan pakaian sesuai dengan tuntutan agama. Banyak perempuan muslim menggunakan kerudung atau jilbab. Busana yang mereka gunakan pun makin variatif dan menarik, namun tetap berpegang prinsip yaitu longgar (tidak ketat) dan tidak tembus pandang. Ketentuan seperti ini yang dimaksudkan dengan busana muslim minimalis, tidak ‘heboh’ dari segi penampilan.

Salah satu indikasi lain semakin bergairahnya umat muslim dalam berbusana sesuai dengan tuntunan agama yakni dengan mengecek langsung di lapangan. Mulai dari pasar tradisional hingga pasar modern seperti mal, plaza, trade center, banyak ditemukan toko baju muslim dengan berbagai produk yang stabil dengan arti toko tersebut ada bukan karena bisnis musiman.

Peluang bisnis busana muslim terbuka lebar untuk Anda yang berencana membuka bisnis baru atau pun yang ingin memperluas bisnis yang ada. Dengan pasar yang besar di negeri kita, bisnis busana muslim boleh jadi sangat menjanjikan, namun tentu saja tidak mudah untuk memenangkan persaingan karena terlebih saat ini banyak juga pelaku usaha yang melirik bisnis serupa.

Bagaimana Memanfaatkan Peluang Busana Muslim Minimalis?
Bagi seorang muslim yang kreatif, tentu kita bisa melihat adanya peluang di bidang ini. Kita bisa menjadi penjual, baik secara grosiran maupun eceran berbagai macam baju muslim yang ada. Atau bahkan kita bisa menjadi produsen busana muslim.

Dari semakin tingginya kesadaran muslimah di negeri ini untuk senantiasa tampil sesuai syariat, terbuka peluang untuk melakukan bisnis ini. Untuk memulainya tidaklah terlalu suit apabila niat kita sudah bulat. Kita bisa mencari informasi kesana kemari di mana dan bagaimana cara mendapatkan busana muslim dengan harga pabrik.

Di dunia maya atau internet kita bisa juga mendapatkan segala macam informasi. Tinggal ketik kata kunci, kita bisa mendapatkan mana tempat yang cocok untuk dijadikan supplier toko atau kulakan baju muslim.

Setelah mendapatkan baju muslim yang akan dijual, langkah berikutnya adalah menyediakan lokasi tempat berjualan. Pilihannya adalah dengan menyewa tempat sesuai dengan kemampuan keuangan, bisa di pinggir jalan, area pasar atau dalam mal. Atau bisa jadi membuka gerai toko di rumah dengan memanfaatkan space yang ada seperti garasi atau ruang tamu.

Bagi yang berencana membuka toko, sebaiknya membuka mata di sepanjang jalan yang sering dilalui. Sesekali jalankan kendaraan lebih pelan dan amati apakah ada ruko yang sedang dikontrakkan atau over kontrak. Segera hubungi pemiliknya untuk menanyakan berapa harga sewanya. Jangan pernah sungkan walau kita hanya sekadar bertanya dan belum niat menyewa. Hal ini supaya kita lebih mengetahui harga pasaran di daerah itu.

Membaca berbagai majalah muslim juga akan menambah pengetahuan untuk mencari peluang bisnis busana muslim minimalis. Di sana terdapat banyak iklan produsen busana muslim yang menawarkan dagangannya. Dari sekian banyak merek yang diiklankan di sana, tentunya akan memudahkan kita menentukan pilihan, bisnis baju muslim seperti apa yang ingin kita kelola. Membuka toko baju muslim memang membutuhkan biaya besar dan perencanaan yang matang, sewa tempat bisa puluhan juta pertahun dan kita harus jeli memilih lokasi. Semakin bagus lokasi semakin mahal biaya sewa.

Cara lain untuk berbisnis busana muslim adalah dengan membuka bisnis baju muslim online dengan memanfaatkan internet yaitu website, sosial media, aplikasi gadget seperti BBM, line dan sebagainya

Dalam menjalankan bisnis baju musim minimalis, ada beberapa strategi yang bisa kita terapkan sesuai dengan kemampuan, modal, waktu dan pasar yang ingin dimasuki.

Kulakan Langsung
Anda bisa seperti bisnis offline yang dionlinekan, kulakan barang disupplier dan menawarkannya via online. Ini membutuhkan modal untuk stok, namun konsumen lebih nyaman karena barang terjamin ketersediaannya dan penjual tahu kondisi barang. Kita bisa foto langsung sehingga bisa memberikan penjelasan ril tentang barang

Jual Kembali (Reseller)
Sistem ini lagi disenangi masyarakat Indonesia, bisnis baju muslim online tanpa modal. Anda unggah foto dari supplier dan dishare melalui BBM atau FB apabila Anda membeli langsung dari pemasok Anda. Cara ini benar-benar tanpa modal.

Kita cari pemasok dengan harga kompetitif dan kualitas busana yang bagus. Yang terpenting layanan customer mesti bagus, karena harus banyak berkomunikasi tentang baju yang ditawarkan, tapi tak punya stok barang.

Di sisi lain sistem ini juga sangat membantu bagi pemasok karena semakin banyak memiliki reseller maka penjualan akan semakin banyak dan agar target omset tercapai tentunya harus memiliki layanan pelanggan yang bagus dan deskripsi baju yang lengkap sehingga reseller bisa langsung menawarkan ke pelanggan masing-masing.

Grosir dan Eceran
Anda bisa menawarkan sistem grosir atau eceran dan bisa keduanya. Semakin banyak kemudahan konsumen pasti lebih senang berbelanja di bisnis baju muslim Anda.

Trend Mode
Perhatikan trend mode terbaru. Bisnis muslim online dituntut untuk selalu uptodate dan salah satu kelebihan online, dengan menjadi reseller Anda bisa mengambil baju muslim dari pemasok di mana hampir setiap dua hari sekali ada model baju baru. Optimalkan penggunaan internet dan gadget serta waktu luang Anda untuk memulai bisnis busana muslim ini.

Salah satu peluang bisnis busana muslim minimalis yang juga banyak diminati adalah sistem waralaba.

Format kerjasama yang ditawarkan bisa berupa perpaduan waralaba dan penjualan langsung. Sistem ini menyediakan paket-paket investasi yang nilainya berbeda-beda. Tapi investor tidak lagi dipusingkan dengan dengan penyediaan barang karena sudah sudah disediakan mitra. Selain itu investor juga akan mendapat fasilitas berupa promosi penjualan, pelatihan atau pendidikan busana.

Demikianlah penjelasan mengenai peluang bisnis busana muslim minimalis. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!