Cara Membuat Blog dengan WordPress Itu Gampang dan Gak Bikin Kantong Bolong

Beragam tujuan orang membuat blog, dari mulai tujuan bisnis, menampilkan informasi, hingga menjadikannya tempat berbagi konten-konten digital. Saat ini, blog merupakan media yang tepat untuk mempromosikan dan menjual produk Anda maupun membagikan beragan informasi dan konten-konten yang bermanfaat. Lalu, bagaimana cara membuat blog? Apakah sulit dan berapa biaya yang harus dikeluarkan?

Membuat Blog Itu Mudah dan Murah
Dengan semakin berkembangnya teknologi berbasis web, membuat blog menjadi pekerjaan yang semakin mudah. Adalah eksistensi dan perkembangan platform web/blog yang membuat pembuatan dan manajemen blog semakin menjadi mudah. Platform web adalah program untuk membuat web. Anda dapat menggunakan beragam platform web yang sudah menggunakan content management system atau CMS.

CMS membuat Anda dapat melakukan beragam pengaturan pada blog yang Anda buat. Pada intinya CMS membuat pekerjaan Anda (blogging) menjadi lebih mudah. WordPress (WP) merupakan platform web yang paling populer dan memiliki reputasi dan review yang baik. Selain WP, platform web lain yang populer adalah Joomla dan Drupal. Bagaimana dengan biaya yang harus dikeluarkan?

Biaya yang dikeluarkan bergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membuat blog dengan biaya gratis, Anda bisa menggunakan domain blogspot. Biaya yang Anda keluarkan terbagi ke dalam beragam produk dan jasa. Pemilihan web hosting dan domain merupakan biaya yang harus Anda persiapkan sejak awal. Biaya yang bisa Anda keluarkan untuk urusan desain dan teknis akan berfokus pada pembelian themes, plugins, dan tools.

Langkah-Langkah untuk Membuat Blog dengan WordPress
Kenapa WordPress dan bukan yang lain? Alasannya sederhana WP adalah platform web yang paling mudah digunakan. Selain mudah digunakan (user-friendly), WP juga lebih mudah dideteksi Google. Alasan lainnya adalah ketersediaan theme dan plugin gratis. Sudah gratis, bervariasi dan banyak pula. Bagi Anda yang pemula, plugin dan theme gratis akan sangat membantu pengembangan blog Anda.

Membuat blog dengan WP bukan hanya mengatur tema serta desain dan mempublikasikan konten. Terdapat beberapa proses lain yang sangat tidak boleh dilewatkan. Berikut adalah cara membuat blog dengan WordPress.

1. Memilih Web Hosting
Apa sebenarnya web hosting itu? Seberapa pentingkah web hosting itu? Web hosting adalah ‘tempat’ di mana Anda akan menyimpan beragam data (konten) blog Anda. Web hosting mengatur transportasi data blog Anda.

Saat ini, terdapat banyak web