Cara Memulai Bisnis Online dengan Mudah dan Meraih Sukses

Dari tahun ke tahun pengguna internet di Indonesia selalu meningkat secara signifikan. Menurut data yang dikeluarkan oleh BPS tahun 2012, pengguna internet baru sekitar 63 juta, tahun 2013 naik menjadi 71 juta, dan tahun 2014 diperkirakan mencapai 82 juta pengguna.

Tahun 2015 diperkirakan melebihi 100 juta. Dari data tersebut, sekitar 95,7% pengguna internet bertujuan untuk korespondensi surat elektronik (email), mengakses informasi atau berita terkini sekitar 78%, untuk akses informasi barang dan jasa 77,8%, untuk mengakses jejaring sosial sekitar 61,3%.

Tingginya peningkatan pengguna internet di Indonesia selaras dengan peningkatan pengguna internet di dunia dan juga ditunjang oleh pertumbuhan ekonomi nasional yang cukup stabil sepanjang tahun.

Tingkat pertumbuhan ekonomi nasional yang tumbuh di kisaran 5-6% merupakan pertumbuhan tertinggi ke 2 di Asia setelah China. Pertumbuhan ekonomi yang cukup menggembirakan itu menghasilkan pendapatan perkapita sekitar 3000 dollar AS.

Masyarakat kelas menengah dengan penghasilan 3-10 juta sebulan mengalami peningkatan yang cukup berarti dan mulai mendominasi struktur kelas masyarakat.

Dengan meningkatnya kehidupan ekonomi masyarakat akan berdampak pada pergeseran gaya hidup karena daya belinya juga meningkat. Ciri dari masyarakat kelas menengah adalah selalu terhubung dengan internet.

Seperti data dari BPS di atas, Internet juga merambah pada gaya hidup. Internet dimanfaatkan tidak lagi untuk berkorespondesi atau mengakses informasi, namun juga untuk berbisnis.

Perkembangan bisnis online yang dikenal dengan e-commerce ini, mulai menunjukkan perkembangan cukup pesat. Bahkan Indonesia juga menjadi incaran bagi pemain bisnis online dunia. Masyarakat mulai sadar bisnis online juga mempunyai prospek yang cukup baik. Terbukti semakin banyaknya masyarakat yang menjajaki bisnis online

Berbagai Jenis Peluang Bisnis Online
Ada beberapa jenis bisnis online yang dikenal sekarang ini. Beberapa di antaranya adalah:

Menjual produk
Ini merupakan bisnis online yang banyak digeluti. Berbagai produk bisa dijual seperti pakaian, sepatu, tas, asesoris dan lain-lain melalui toko online

Menjual jasa/ service
Berbagai macam jasa dan service bisa dijual seperti jasa pembuatan website, pembuatan artikel, jasa terjemahan dan lain sebagainya. Tapi sebelum menjual jasa yang perlu dingat adalah kemampuan untuk mengukur diri apakah Anda mampu melakukannya. Menawarkan jasa yang tidak Anda kuasai akan membuat kredibiltas Anda jatuh di mata pelanggan.

Menjual iklan
Anda bisa menawarkan space iklan di website Anda, tapi tentu saja perlu diusahakan website Anda harus ramai dikunjungi. Semakin ramai pengunjung website, maka makin mahal space iklan di website Anda

Bisnis afiliasi
Bisnis online ini sangat sederhana di mana Anda hanya perlu menyebarkan link produk dari berbagai penyedia bisnis afiliasi seperti Amazon, Ebay atau Clickbank. Jika ada yang membeli produk melalui perantara link yang Anda sebarkan, komisi akan Anda dapatkan

Dropship
Dalam melakukan bisnis online ini, Anda tak perlu memikirkan barang dan packing. Anda hanya menjual produk milik orang lain tentunya setelah melakukan perjanjian dengan si pemilik barang

Paid per click (PPC)
Untuk memulai bisnis ini, Anda harus mempunyai website dan website tersebut harus ramai dikunjungi karena semakin ramai semakin banyak keuntungan yang bisa didapatkan di PPC. Beberapa PPC yang masih eksis sampai sekarang adalah googleadsense, Adstract, dan Infolink. PPC untuk website berbahasa Indonesia seperti kliksaya, adstar, dan adsencamp. Anda bisa memasang iklan di penyedia PPC tersebut.

Jika ada pengunjung blog Anda melakukan klik terhadap iklan yang dipajang di website Anda, komisi akan Anda peroleh.

Dari jenis peluang bisnis online di atas, Anda tinggal pilih mana yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda. Tentunya dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi. Bagaimana pun juga namanya bisnis selalu mempunyai resiko.

Tak ada bisnis yang langsung menjamin kesuksesan dan mendatangkan banyak uang dalam waktu singkat. Dan perlu diperhatikan juga, sebagaimana halnya bisnis lainnya, bisnis online juga tak luput dari tindakan penipuan atau scam.

Jangan mudah tergoda dan percaya dengan tawaran bisnis online yang ditawarkan yang bisa membuat Anda kaya dalam waktu singkat. Semua bisnis membutuhkan kerja keras, ketekunan, kesabaran dan proses untuk mencapai kesuksesan.

Dari segi pelaksanaan memulai bisnis online misalkan membuka toko online, memang lebih mudah dibandingkan dengan membuka toko konvensional. Beberapa kemudahan yang dimaksud adalah:

Toko online tidak membutuhkan tempat. Anda tidak perlu menyediakan tempat khusus untuk berjualan, menyediakan etalase/ lemari pajang. Yang Anda perlukan adalah space untuk menyetok barang jualan. Ini disebabkan karena Anda tidak berhadapan langsung dengan pembeli

Waktu yang fleksibel. Jadi bisnis ini bisa dilaksanakan di sela-sela aktifitas utama bila Anda seorang karyawan. Pelanggan bisa melihat produk lewat situs toko online Anda dan bila mereka tertarik mereka bisa menghubungi Anda kapan saja.

Tidak membutuhkan modal besar. Anda tak perlu menyetok banyak produk seperti halnya toko konvensional, tidak perlu menggaji karyawan, untuk menjaga toko Anda.

Untuk mempromosikan bisnis online Anda bisa memaksimalkan jejaring sosial seperti Kaskus, facebook, twitter, dan lain sebagainya. Cuma yang perlu diingat dalam memanfaatkan jejaring sosial Anda harus memperhatikan etika promosi, jangan sampai membanjiri produk di laman mereka sehingga terasa mengganggu.

Jangan sampai Anda salah dalam memilih peluang bisnis online.

Pilihlah yang benar-benar bagus, prospeknya menjanjikan sehingga bisnis online Anda bisa memperoleh kesuksesan. Untuk itu sebelum memulainya tak ada salahnya, Anda mengadakan survey terlebih dahulu untuk mengetahui selera pasar, trend yang sedang berkembang serta melihat tingkat persaingan yang ada.

BUKU BAGUS tentang PANDUAN SUKSES BISNIS ONLINE bisa di-DOWNLOAD DISINI.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!