Cara Merumuskan Segmentasi Pasar untuk Bisnis Anda

Segmentasi pasar adalah cara yang dilakukan untuk mengelompokan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen. Setiap kelompok yang telah dibentuk tersebut bertujuan untuk memaksimalkan serta mengetahui target pemasaran yang ada.

Segmentasi pasar memiliki variable-variabel yang menjadi dasar dari pembuatan pembagian segmen pasar itu sendiri. Berikut ini merupakan variable-variabel dari segmentasi pasar tersebut, antara lain:

1. Variable Geografi
Variable geografi adalah segmentasi yang terbagi berdasarkan tempat atau wilayah. Secara teori, segmentasi ini berbicara mengenai bagaimana memenuhi dan menjawab setiap kebutuhan konsumen di daerah yang berbeda-beda.

Variable geografi antara lain: wilayah, luas daerah, luas wilayah kota tersebut dan kepadatan iklim.

2. Variable demografi
Variable demografi ini berbicara tentang sesuatu yang lebih detail dan lebih mengarah pada konsumen secara mendalam. Variable ini membuat kita lebih mengenali siapa target pasar kita dengan variable antara lain: Usia, jenis kelamin, status perkawinan, pendapatan, tingkat pendidikan, pekerjaan, dan hal lain yang bersifat social.

3. Variable psikologis
Variable ini lebih menekankan pada sifat dan karakter dari setiap konsumen tersebut. Karakter ini dapat membantu para produsen untuk menentukan barang yang tepat untuk dikonsumsi dan barang yang akan memiliki nilai jual yang tinggi.

Variable psykologis antara lain: kelas social, latar belakang keluarga, gaya hidup, kepribadian

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Manfaat dari kegiatan segmentasi pasar

Setiap upaya yang dilakukan untuk mendapatkan tingkat penjualan yang baik tentu saja akan memiliki manfaat yang telah teruji. Berikut ini merupakan manfaat yang dapat diperoleh jika kita melakukan segmentasi pasar, antara lain:

1. Perusahaan tersebut dapat melakukan upaya-upaya deteksi dini tentang hal-hal yang kemungkinan akan memiliki kecenderungan-kecenderungan akan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan sehingga akan dapat diatasi terlebih dahulu dan kemungkinan teradinya hal-hal buruk menjadi mengecil.

2. Kita dapat mengetahui produk apa yang sebenarnya memang diinginkan oleh pasar baik secara kebutuhan, desain, packaging, dan aspek-aspek lain yang mendukung agar tingkat pembelian barang tersebut menjadi lebih tinggi.

3. Dapat mengetahui cara untuk promosi yang paling tepat dan paling efektiv dilakukan di area tersebut agar tidak memboroskan dana di area promosi tersebut.

4. Dapat memprediksi waktu dimana intensitas pembelian masyarakat meningkat dan pada saat seperti apa tingkat pembelian akan menurun, dengan hal seperti ini maka kita akan dapat mengontrol produksi kapan harus ditingkatkan dan kapan produksi harus ditekan.

5. Kita dapat mengalokasikan dana secara tepat baik untuk biaya produksi maupun biaya pemasaran jika kita telah mengetahui waktu yang tepat tersebut.

6. Dengan penghematan dan pemakaian dana yang tepat tersebut maka keuntungan akan semakin meningkat serta dana akan mengalir ke tempat yang tepat.

7. Segmentasi pasar ini membantu kita untuk melakukan pemetaan distribusi produk-produk baik mengenai perhitungan jumlah barang yang harus didistribusikan, jarak tempuh serta biaya yang harus dikeluarkan untuk proses pendistribusian tersebut.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!