Cara Mudah Mendapatkan Uang buat Modal Usaha

Modal merupakan salah satu hal yang harus anda siapkan pertama kali ketika anda ingin membuka suatu usaha atau memulai bisnis. Tergantung dari jenis usahanya, modal yang anda butuhkan bisa sangat sedikit atau sangat banyak, namun semuanya memiliki kesamaan: anda harus mendapatkannya dari suatu tempat.

Untuk anda yang dari sananya memang bukan orang kaya, ada beberapa alternatif cara mendapatkan modal usaha.

Berikut adalah beberapa alternatif metode untuk mendapatkan modal usaha:

• Tabungan.
Hal ini sangat jelas; jika anda memiliki tabungan pribadi, anda bisa memanfaatkannya sebagai modal usaha. Akan tetapi, jangan lupa untuk tetap bersikap masuk akal, terutama jika tabungan tersebut juga merupakan tabungan hidup atau dana darurat anda dan keluarga.

Ada baiknya, ketika anda sudah memikirkan untuk membuka usaha, anda mulai menabung sedikit demi sedikit agar tidak perlu menguras habis tabungan.

Tidak masalah jika akhirnya anda tidak jadi melakukannya, karena menabung toh tidak ada ruginya. Jika anda merencanakan untuk membuka usaha di suatu waktu yang akan datang, misalnya saat pensiun, ada baiknya anda membuka deposito khusus untuk mengumpulkan modal usaha.

• Hasil Penjualan Barang Berharga.
Jika anda memiliki harta seperti logam mulia, kendaraan bermotor atau tanah, anda bisa menjualnya untuk mendapatkan modal usaha. Ini adalah alternatif populer dari cara mendapatkan modal usaha untuk mereka yang tidak memiliki banyak tabungan.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

• Mengajak Orang Lain untuk Bermitra
Membentuk hubungan kemitraan memiliki beberapa keuntungan. Anda tidak hanya mendapat suntikan bantuan modal, namun juga dukungan dalam hal merintis usaha. Akan tetapi, anda dan mitra sejak awal harus sudah membuat kesepakatan jelas tentang pembagian keuntungan, hak dan tanggung jawab. Anda pun harus jeli memilih siapa yang akan anda ajak kerjasama.

• Hibah Perusahaan.
Berbagai perusahaan memiliki divisi yang disebut Corporate Social Responsibility, dimana salah satu bidang kerjanya termasuk memodali pengusaha kecil yang beroperasi di wilayah operasional perusahaan sebagai wujud tanggung jawab terhadap masyarakat sekitar.

Ini merupakan cara mendapatkan modal usaha yang cukup efektif, tetapi hanya jika anda sudah membuat konsep bisnis yang kuat dan menatanya ke dalam proposal yang meyakinkan. Atau, bisa juga anda memerolehnya dari even kompetisi yang diadakan oleh perusahaan tersebut, dimana hadiahnya adalah sejumlah besar uang untuk modal usaha.

• Mengundang Investor Potensial.
Tergantung jenis bisnis anda, anda bisa mencari pihak-pihak yang dapat dijadikan calon investor potensial. Sama seperti kemitraan, anda pun harus dengan tegas menetapkan hak, kewajiban dan tanggung jawab kedua belah pihak sejak awal secara resmi.

• Pinjaman untuk Usaha Kecil
Jika anda tidak memiliki cukup modal namun ingin membuka usaha kecil, ada baiknya anda memanfaatkan berbagai layanan yang tersedia di Indonesia untuk calon pengusaha kelas UKM, misalnya kredit UKM atau dari koperasi.

Akan tetapi, cara ini sebaiknya tidak segera dicoba di awal kecuali memang tidak ada pilihan lain, karena nanti anda akan memiliki beban untuk mengembalikan pinjaman beserta bunganya selama anda berusaha mengembangkan bisnis anda.

Dari semua cara mendapatkan modal usaha yang tercantum di atas, anda bisa memilih antara mencoba salah satu atau mengombinasikan beberapa cara sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Yang harus diingat adalah semua metode ini memiliki resiko sendiri-sendiri, sehingga anda harus benar-benar memperhitungkan kemampuan anda dalam hal mengelola usaha agar kelak modal yang anda keluarkan bisa kembali dengan sukses.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!