Cara Mulai Bisnis yang Efektif dan Mampu Menghasilkan Sukses Finansial

Banyak orang ingin memiliki bisnis sendiri. Potensi penghasilan dengan cara punya bisnis sendiri memang bagus. Selain itu, mulai bisnis sendiri juga bisa memberi kebebasan waktu yang lebih fleksibel. Tidak terlalu kaku seperti kalau harus bekerja sebagai karyawan di kantor.

Problemnya, banyak orang yang bingung bagaimana memulai bisnis. Bagaimana mulai menjalankan bisnis yang sukses. Bagaiman mulai bisnis yang bisa mendatangkan profit yang mak nyus. Bagaimana mulai bisnis yang bisa langgeng dan maju. Bagaimana mulai bisnis yang bisa terus berkembang pesat.

Ada 3 langkah yang harus dilakukan untuk mulai bisnis dengan sukses.

Langkah pertama adalah kita punya ide bisnis yang bagus. Produk atau jasa apa yang akan kita jual. Dan yang lebih penting : apa keunikan dan keunggulan dari produk yang akan kita jual.

Banyak orang gagal bisnis karena produk yang mereka jual sama sekali tidak punya keunggulan. Lhah, kalau seperti ini bagaimana produk kita bisa laku.

Keunikan atau unique selling proposition adalah kekuatan utama dari produk yang akan kita jual. Misal produknya khas seperti kebab turki atau sate domba muda yang gurih atau steak enak dengan harga terjangkau.

Keunggulan artinya juga produk yang anda jual lebih bagus dari pesain : misal mutu sama bagus tapi harga lebih murah. Atau mutunya sangat oke dan unik seperti kaos Joger atau kaos Dagadu atau Gudeg Yu Jum atau Bolu Meranti Medan.

Keunikan artinya kita juga punya konsep yang jelas tentang produk yang akan kita jual. Misal konsep kafe a la Starbucks atau konsep makanan dengan jenis sambal yang unik dan meriah, atau konsep keripik dengan level pedas yang berbeda-beda.

Jadi untuk mulai bisnis dengan sukses, maka kita pertama-tama harus punya konsep produk yang kuat. Yang unik. Yang bisa pembeda dari produk pesaing.

Tanpa konsep yang jelas, produk atau jasa kita akan mudah dilupakan atau bahkan tidak laku sama sekali.

Untuk bisa menyusun dan menerapkan konsep produk yang kuat, memang amat dibutuhkan kompetensi yang bagus. Misal konsep kaos Joger sukses karena diterapkan dengan konsisten, dan mereka punya kompetensi untuk menerapkannya (misal kompetensi menyusun ribuan kata dalam kaos).

Kebab Baba Rafi sukses karena pendirinya punya kemampuan untuk menerjemahkan konsep kebab khas menjadi nyata. Bisa membangun tim yang mampu menjalankan ide bisnis makanan khas itu dengan cermat.

Langkah kedua untuk mulai bisnis adalah modal. Untuk memulai bisnis sebaiknya tidak langsung besar, tapi dari skala kecil dulu. Dengan demikian modal yang dibutuhkan juga tidak besar.

Bahkan jika bisnis kita adalah menjual jasa, maka biasanya modalnya kecil. Misal bisnis menjual jasa desain web atau menjual jasa training atau jasa rias pengantin. Disini yang lebih penting adalah keahlian. Modal untuk memulai bisnis jas desain web misalnya, mungkin tidak sampai 10 juta (hanya buat beli laptop, pasang web dan biaya iklan).

Kalau Anda punya ide bisnis yang butuh modal besar, bisa dilakukan dengan melakukan kerjasama bersama investor atau teman yang punya modal. Atau pinjam dari lembaga-lembaga yang memang khusus menyediakan modal untuk calon pebisnis.

Tentu saja modal juga bisa didapat melalui tabungan Anda sendiri. Maka sebaiknya Anda tekun menabung, sehingga kelak punya modal yang cukup memadai untuk mulai bisnis.

Langkah ketiga mulai bisnis dengan sukses adalah JUST DO IT. Banyak orang gagal mulai bisnis karena ya tidak mulai-mulai. Kalau mulai bisnis saja tidak jalan-jalan ya kapan suksesnya.
Perencanaan penting tapi ya jangan cuma direncanakan dan dipikir saja dalam otak. Yang paling penting adalah bagaimana rencana bisnis itu bisa dijalankan. Bisa diterapkan. So just do it. Biar jadi duit.

Memulai bisnis dengan sukses butuh perjuangan. Ide bisnis yang bagus, modal yang pas, dan mentalitas action adalah tiga elemen kunci untuk mulai merintis bisnis dengan sukses.

Mulai bisnis adalah langkah awal Anda untuk meraih sukses finansial. Kebebasan finansial dan fleksibilitas waktu hanya akan bisa didapat jika Anda mulai bisnis sekarang. Hari ini. Jangan tunda-tunda lagi.

Ayo mulai bisnis.

Panduan lengkap untuk memulai bisnis dengan sukses bisa di-download DISINI.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.