Ilmu untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah – Problem Solving Skills

Kemampuan memecahkan masalah sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis dalam mengelola usaha mereka karena masalah dapat terjadi kapan saja walaupun anda telah merencanakan segala sesuatunya dengan matang. Hal-hal yang diluar kendali anda dapat terjadi seperti kecelakaan kerja dan bencana alam. Bahkan hal kecil yang anda anggap sepele dapat membuat masalah yang cukup rumit. Oleh karena itu, dalam mengelola usaha, anda harus memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan cepat dan tepat.

Kondisi otak kita memang memiliki peranan penting dalam memecahkan masalah. Semakin tinggi kecerdasan intelektual atau IQ seseorang semakin baik pula kemampuan orang itu untuk berpikir dan memecahkan suatu masalah.

Tentunya anda tahu bahwa kita tidak bisa mengotak-atik IQ kita karena itu adalah anugerah yang diberikan Tuhan. Namun bukan berarti anda tidak bisa meningkatkan kemampuan anda dalam memecahkan masalah. Seperti halnya kita masuk sekolah untuk mendapatkan ilmu, kita dapat belajar mengingkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Pelajaran pertama adalah melatih otak anda untuk fokus terhadap pemecahan masalah. Banyak dari kita yang terlalu fokus pada masalah yang ada sehingga tidak fokus pada pemecahan masalahnya. Saat anda terlalu memikirkan masalah yang anda hadapi, hal tersebut akan membuat emosi anda tidak stabil dan membuat anda tidak bisa berfikir dengan jernih. Oleh karena itu, cobalah untuk membuka pikiran anda tentang kemungkinan pemecahan masalah yang dapat dilakukan.

Pelajaran kedua adalah jangan melihat suatu masalah sebagai hal yang menakutkan tetapi cobalah untuk menyederhanakan masalah anda tersebut. Saat anda ketakutan, akan ada energi negatif yang akan menutup keberanian anda untuk mencoba sesuatu. Jika anda tidak mencoba, bagaimana anda bisa tahu bahwa hal tersebut tidak akan berhasil?

Oleh karena itu, sederhanakanlah masalah anda dengan melihat dasar atau pusat dari masalah dan lupakan detail-detail yang ada untuk sejenak. Cara lain untuk menghilangkan ketakutan anda adalah dengan merubah pola pikir dan sudut pandang anda. Jika anda takut bahwa promosi kedua anda akan gagal seperti promosi pertama anda, cobalah ubah pola pikir anda bahwa ini adalah kesempatan kedua yang diberikan kepada anda dan anda tidak boleh menyia-nyiakannya.

Pelajaran ketiga adalah jauhi penggunaan kalimat negatif. Saat anda menggunakan kata “aku tidak bisa” atau “hal itu tidak mungkin dilakukan”, anda telah menciptakan energi negatif yang sangat besar yang akan menurunkan mood anda. Oleh karena itu, jangan memikirkan ketidakmungkinan, tetapi ciptakanlah kemungkinan. Daripada anda berkata “hal ini tidak mungkin”, lebih baik anda berkata “bagaimana jika…”.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Bayangkanlah apa yang akan terjadi dengan tetap berpikiran positif.

Pelajaran keempat adalah dengarkan saran dari orang lain. Anda mungkin adalah pengambil keputusan tertinggi dan anda adalah orang terpintar di perusahaan anda, tetapi tidak ada orang yang sempurna dan orang lain dapat memiliki kelebihan yang tidak anda miliki.

Lagi pula ide-ide kreatif dapat datang pada siapa saja. Jadi jangan tutup diri anda dari orang lain dan jangan anggap bahwa orang lain itu bodoh.

Saat mendengarkan orang lain, ide-ide tersebut akan masuk dan tersimpan dalam memori otak anda. Ide-ide inilah yang akan membantu anda dimasa yang akan datang. Seperti yang kita tahu bahwa pengalaman adalah pelajaran yang paling berharga. Oleh karena itu pengalaman memecahkan masalah bersama orang lain akan meningkatkan kemampuan anda untuk memecahkan masalah dimasa yang akan datang.

Satu hal yang harus anda sadari adalah kemampuan memecahkan masalah tidak bisa didapatkan secara instant. Dengan banyak berlatih dan terus belajar, kemampuan anda akan semakin meningkat seiring bertambahnya waktu.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!