Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online vs Bisnis Offline

Bisnis merupakan suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba.

Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Ada dua jenis bisnis yang bisa anda jalankan diantaranya adalah bisnis online dan bisnis offline. Berikut adalah penjelasan dari jenis-jenis bisnis tersebut.

Bisnis online
Bisnis online adalah sesuatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media internet mulai dari negoisasi hingga kegiatan transaksinya.. Sekalipun anda hanya seorang marketing dari sebuah perusahaan dan melakukan aktifitas marketing melalui media internet, bisa disebut sebagai pelaku bisnis online.

Seiring dengan perkembangan bisnis online, maka banyak orang yang memilih bisnis ini ukan hanya sebagai bisnis sampingan, tetapi banyak orang yang memanfaatkan bisnis online sebagai bisnis utama. Sebagai hasilnya, bisnis online sejauh ini telah mencetak ribuan pebisnis yang sukses dan berhasil. Marketing management for marketing managers.

Beberapa kelebihan bisnis online diantaranya:

Minim modal
Bisnis online sangat minim modal, hanya bermodalkan komputer, modem dan langganan internet anda sudah bisa memulai bisnis online. Jika anda akan memulai bisnis offline toko baju misalnya anda perlu menyiapkan modal yang tidak sedikit dari sewa tempat,peralatan, belanja barang dan promosi.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Mudah dijalankan
Saat ini banyak hal yang bisa memudahkan menjalankan bisnis internet, dengan beragai teknologi yang muncul bisnis ini mudah dijalankan siapa saja.

Tempat
Bisnis online bisa dilakukan dari meja komputer dirumah, hal ini menjadi salah satu kelebihan yang tidak dimiliki bisnis offline adalah bisnis online bisa dilakukan dari meja komputer dirumah jadi anda tidak perlu banyak aktifitas di luar ruangan.

Jangkauan pemasaran sangat luas
Dengan bisnis online anda bisa menjangkau pasar tidak hanya lokal saja bahkan bisa sampai ke mancanegara.

Bisa dijadikan penghasilan utama
Bisnis online juga bisa dijadikan penghasilan utama, hal ini sudah dibuktikan oleh banyak orang yang memiliki omset perbulan hingga ratusan juta rupiah bahkan milyaran rupiah hanya dengan bisnis di internet.

Menghemat biaya dan waktu
Karena sistemnya online dari promosi,pemesanan dan pembayaran bisa dilakukan secara online dan pengiriman juga mudah karena banyak penyedia jasa pengiriman paket.

Anda tinggal pilih mau promosi yang gratis atau berbayar dan Bisa menyesuaikan dengan dana yang tersedia. Karena media yang dipakai hanya internet maka bea operasionalnya juga hanya untuk bea langganan internet dan listrik.

Bisnis Offline
Bisnis offline adalah bisnis yang dikerjakan di dalam dunia maya. Dunia maya sama juga dengan internet.

Jadi usaha online sama dengan usaha di dunia nyata. Ada usaha toko baju, ada usaha toko besi, ada usaha jasa tukang cukur, ada usaha jualan bakso, ada usaha simpan pinjam udang, ada usaha percetakan dan sebagainya. Mungkin ada jutaan macam usaha atau pekerjaan yang di lakukan seluruh manusia di muka bumi ini.

Bisnis offline yang anda jalankan selama ini bisa juga kita jalankan atau informasikan melului jalur internet.

Kelebihanya bisnis offline bila dijalankan lewat internet sehingga bisnis anda bisa lebih dikenal orang lebih banyak di berbagai tempat bukan hanya di lingkungan desa atau kota kita tinggal saja, tapi juga dikenal oleh semua orang di seluruh tempat di dunia ini.

Dengan bisnis offline maka konsumen langsung bisa melihat barang yang ingin dibeli, sehingga keraguan konsumen untuk membeli lebih sedikit, hanya saja bisnis offline adalah lingkup pemasaran terbatas, yang tentunya akan berdampak pada omset yang dihasilkan, selain untur urusan permodalan pada bisnis offline cukup besar karena harus menyediakan tempat, stok barang, pegawai dan lain sebagainya.

Kelemahan dari bisnis offline lainnya adalah bisaya iklan di media cetak atau melalui siaran live berarti seperti televisi mahal. Selain itu kekurangan dalam bisnis offline adalah adanya aksesibilitas terbatas hanya alamat fisik bangunan kantor ditunjukkan.

Tentu saja, ada kelemahan pemasaran offline tertentu, tetapi mereka dapat dieliminasi dengan perencanaan yang tepat. Dengan langkah tersebut, anda dapat dengan mudah menjalankan bisnis anda hanya seperti bisnis online di luar sana

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!