Meningkatkan Penjualan via Iklan

Peran iklan untuk meningkatkan penjualan setiap produk memang memiliki peran yang sangat besar. Fungsi dan peran dari iklan itu sendiri memang untuk membantu memperkenalkan produk yang akan dijual kepada konsumen. Semakin dikenal produk tersebut, biasanya kepercayaan masyarakat juga akan lebih meningkat.

Fungsi lain dari iklan adalah untuk menarik minat pembeli, membantu mengidentifikasikan produk, hingga membangun rasa cinta pada produk itu sendiri.

Demi membantu meningkatkan penjualan, pemilihan jenis iklan nantinya juga bisa anda sesuaikan dengan kemampuan perusahaan. Jenis iklan memang memiliki dua ketgori jika didasarkan pada pendanaannya yaitu jenis iklan gratis dan iklan berbayar.

Pemilihan iklan ini akan sangat memudahkan para pelaku bisnis untuk menentukan media periklananan yang paling sesuai dengan kemampuan perusahaan. Untuk perusahaan baru yang belum memiliki banyak anggaran untuk iklan, maka iklan gratis mungkin bisa Menjadi solusi.

Jenis iklan untuk meningkatkan penjualan

a. Iklan gratis
Iklan gratis ini pastinya merupakan iklan yang tidak membutuhkan biaya. Jenis iklan ini sangat cocok bagi bisnis baru yang memiliki modal terbatas. Meskipun gratis tapi tingkat efektifitas dari iklan gratis ini juga cukup bagus. Penayangan iklan ini biasanya bisa berupa iklan baris yang bisa dipasang di iklan baris gratis pada website.

b. Iklan berbayar
Jenis iklan lain yang bisa anda gunakan adalah jenis iklan berbayar. Bagi perusahaan berkembang dengan anggaran promosi yang cukup, media iklan ini sangat cocok. Tingkat efektifitasnya pastinya juga akan lebih bagus dari iklan yang gratis. Contoh dari iklan ini adalah iklan yang ada di TV, radio, surat kabar, poter, dan reklame.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Demi mendapatkan hasil dari setiap periklanan yang dilakukan oleh perusahaan anda, maka anda harus benar-benar memperhatikan beberapa hal. Hal tersebut nantinya akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan iklan anda sehingga bisa memberikan penjualan yang maksimal pada produk yang diiklankan. Dengan demikian, promosi yang dilakukan melalui iklan tersebut bisa membantu meningkatkan penjualan produk di perusahaan anda.

Meningkatkan penjualan melalui iklan memang merupakan ujung tombak dari perusahaan untuk membantu meningkatkan penjualan.

Sebagaimana fungsi iklan, masyarakat juga akan menciptakan persepsi tersendiri ketika melihat iklan suatu prodak, itulah sebabnya memperhatikan berbagai kaidah dalam beriklan yang baik bisa menjadi pelajaran penting sebelum anda melakukan pengiklanan. Ingat, jangan pernah asal beriklan jika anda tidak mengharapkan iklan yang percuma.

Salahs atu kiat yang harus anda terapkan dalam mengiklankan produk anda adalah mengukur efektifitas iklan. Langkah ini sering kali dilupakan oleh para pelaku bisnis dalam mengiklan produk padahal jika hal ini dilupakan maka perusahaan tersebut telah melakukan sesuatu yang fatal dalam beriklan. Lantas bagaimana kita bisa melihat efektifitas iklan yang kita buat?

Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membantu mengetahui tingkat efektifitas iklan anda:

a. Mengajukan pertanyaan kepada konsumen mengenai beberapa hal, seperti dari mana bisa mengetahui produk, menanyakan bagian mana yang menarik dari iklan anda, dan sebagainya. Jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih setiap kali berkomunikasi dengan konsumen.

b. Jangan lupa mencatat atau mengumpulkan data mengenai komentar konsumen tentang iklan anda.

c. Buatlah kesimpulan dari data-data yang telah anda kumpulkan tadi. Dari sana anda akan mengetahui tingkat efektifitas iklan untuk meningkatkan penjualan produk anda.

Dengan memperhatikan beberapa poin tersebut maka kesalahan dalam beriklan tidak akan terjadi pada perusahaan anda. Dengan demikian, fungsi iklan untuk meningkatkan penjualan akan benar-benar terealisasikan dengan maksimal.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!