Pilihan Usaha Sampingan yang Sangat Prospektif bagi Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga memang identik dengan mereka yang mengabdikan waktu dan tenaga sepenuhnya kepada keluarga, namun hal ini bukan berarti mereka tidak bisa ikut menunjang ekonomi keluarga.

Saat ini, ada berbagai usaha sampingan untuk ibu rumah tangga, yang dilakukan karena para wanita ini perlu menunjang ekonomi keluarga. Bahkan, ada pula yang akhirnya malah berhasil menjadi pengusaha dari usaha sampingan yang sederhana.

Akan tetapi, karena ibu rumah tangga mendedikasikan waktunya untuk mengurus keluarga terutama jika ada anak-anak, usaha sampingan yang dilakukan hendaknya tidak membuat waktunya tersita sehingga keluarga menjadi terabaikan.

Pertimbangan Sebelum Memilih Jenis Usaha
Jika anda ingin memilih suatu usaha sampingan untuk ibu rumah tangga, ada baiknya anda membuat pertimbangan dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini pada diri anda:

• Apakah usaha ini harus dilakukan di rumah saja atau anda harus keluar untuk beberapa waktu dalam sehari?
• Apakah anda harus melakukan kegiatan yang membuat anda berkonsentrasi penuh selama beberapa jam, atau bisa dilakukan sembari mengurus anak dan melakukan pekerjaan rumah?

• Berapa modal yang harus anda keluarkan untuk memulai usaha ini?
• Apakah bahan-bahan baku untuk memulai usaha ini bisa didapat di sekitar anda atau harus anda pesan secara khusus?
• Apakah jenis usaha ini hanya untuk mengisi waktu luang atau benar-benar harus dilakukan demi menyokong ekonomi keluarga?
• Apakah resiko finansialnya rendah atau tinggi?

• Apakah jenis usaha ini berhubungan dengan hobi atau keahlian anda yang sudah ditekuni sejak lama, atau anda baru memelajarinya?
• Apakah anda harus mengerjakan semua sendiri, atau ada pihak yang bisa membantu anda (misalnya pembantu atau anak anda yang sudah besar)?

Dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini terlebih dahulu pada diri sendiri, anda akan mendapat gambaran tentang kemampuan diri anda dalam memulai suatu jenis usaha, sehingga nantinya anda tidak akan kerepotan saat berusaha menyeimbangkan antara usaha sampingan dan urusan keluarga.

Sekarang pertanyaannya, apa pilihan jenis usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang bisa anda lakukan?

Pilihan Berbagai Jenis Usaha Sampingan
Jika anda sudah mendata semua pertimbangan pribadi anda, sekarang saatnya anda memilih jenis usaha sampingan yang bisa anda lakukan.

Berikut beberapa jenis usaha sampingan yang bisa anda lakukan beserta pertimbangannya:

• Usaha resale, dimana anda tinggal membeli paket usaha dan menjual produk dari paket tersebut. Untungnya kemudian dibagi antara anda dan pihak produsen. Jenis usaha ini cukup mudah dijalankan dan anda dapat mempromosikannya terlebih dahulu kepada orang-orang terdekat seperti kerabat, tetangga dan teman-teman.

Bahkan, anda sebaiknya juga jangan ragu menggunakan internet untuk menawarkan barang dagangan anda. Akan tetapi, jika anda memaksudkan usaha ini sebagai salah satu penopang penting keuangan keluarga, anda harus ulet dan rajin berpromosi.

• Usaha kerajinan atau kuliner, dimana keduanya berkaitan dengan suatu keahlian tertentu. Tidak semua orang bisa melakukannya, namun usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang satu ini jelas memiliki dua keuntungan: anda mendapat uang, dan anda melakukan hal yang anda gemari.

• Usaha online, dimana hal ini tentu hanya bisa dilakukan oleh mereka yang melek internet.

Jenis usaha ini bisa berupa mengelola blog, menjadi pedagang resale online atau menjadi penulis lepas. Keuntungannya jelas, yaitu anda tidak perlu sering-sering meninggalkan rumah dan bisa ‘menyambi’ saat mengerjakannya.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!