Quality Management untuk UKM

Jika anda memiliki usaha kecil apakah anda juga akan mempertimbangkan kualitas dari produk anda? Tentu saja anda menjawab iya, meskipun anda hanya memiliki usaha kecil-kecilan namun usaha ini tetap bisa menghasilkan uang. Quality management sangat penting bagi kelangsungan usaha anda.

Tanpa manajemen semua usaha akan sia-sia dan tidak memiliki arah. Manajemen quality juga diperlukan bagi usaha kecil atau UKM untuk mengorganisasikan, mengelola dan merencanakan segala aspek usaha kecil dan menengah tersebut.

Perlunya manajemen UKM karena tanpa manajemen usaha dengan modal kecil ini tidak akan berkembang dengan baik sekalipun pemiliknya memiliki kemampuan untuk menjalankan usaha. Bila anda adalah pemilik usaha tentu anda sudah mengenal apa yang dimaksud dengan quality.

Quality merupakan mutu dari suatu produk yang akan diperkenalkan kepada konsumen. Kualitas atau quality ini memiliki keterikatan dengan perkembangan usaha anda. Bila anda memiliki produk dengan kualitas baik maka banyak orang yang ingin membeli produk anda.

Proses untuk mewujudkan kualitas produk yang baik melalui quality management ini bertujuan agar pelanggan atau konsumen mendapatkan kepuasan.

Konsumen selalu menginginkan kepuasan ketika mereka membeli produk sedangkan tugas dari management adalah meningkatkan kualitas produk agar konsumen merasa puas. Dalam pengembangak quality management untuk UKM ini bukanlah hal yang mudah mengingat usaha dengan modal kecil ini kadang dijalankan oleh orang yang belum berpengalaman.

Kendala dalam perencanaan quality management ini karena ketidak tersediaan SDM yang handal sehingga kadang UKM ini dijalankan asal-asalan dan tidak memperhatikan kualitas dari produk yang dibuat. Padahal kualitas suatu produk ini sangat berpengaruh bagi kelangsungan usaha.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Dalam perencanaan quality management ini kepuasan pelanggan adalah segala-galanya sehingga sebisa mungkin pengsaha harus mengetahui apa yang pelanggan atau konsumen inginkan. Konsumen tidak akan mengulangi kesalahan yang sama ketika mereka mendapati barang yang mereka beli rusak atau kualitasnya jelek.

Dari kualitas yang baik ini akan menanamkan rasa cinta pelanggan untuk terus memakai produk yang di produksi. Manajemen mutu ini pada dasarnya terdiri dari beberapa hal diantaranya penilaian pelanggan terhadap produk, proses produksi dan perbaikan kualitas.

Ketika quality management harus mempertimbangkan nilai dari pelanggan tentu saja sebagai pemilik UKM anda harus jeli mengetahui bagaimana pelanggan benar-benar merasa puas dengan produk anda.

Kepuasan pelanggan adalah keinginan perusahaan dan semakin banyak pelanggan yang puas maka keuntungan perusahaan juga menakin banyak. Untuk mewujudkan quality manajemen dari nilai pelanggan tersebut perlu direncanakan bagaimana penyampaian produk ke tangan konsumen, karakter produk dan pelayanan yang diberikan kepada konsumen.

Kemudian ketika usaha anda telah menemukan apa yang dicari pelanggan atau konsumen agar mereka puas, anda bisa melankutkan produksi terhadap produk dengan pemanfaatan tenaga kerja produktif dengan SDM tinggi, bahan produksi berkwalitas baik dan peralatan pendukung lainnya.

Kwalitas bahan produksi untuk mewujudkan quality management untuk UKM harus direncanakan dan dipilih sebaik mungkin. Dari bahan produksi dan mesin produksi yang baik akan menciptakan kualitas produk yang baik pula. Produksi dengan kualitas baik inilah menjadi incaran konsumen.

Ketika semua produksi masuk pasaran dan konsumen merasa kurang puas, perbaikan kwalitas sangat diperlukan. Ini bukanlah kegagalan namun ini merupakan proses kesempurnaan produk anda. Perbaikan kwalitas malam manajemen mutu merukana hal yang wajar.

Dengan perbaikan kualitas inilah konsumen bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Konsep inilah yang menuntuk anda untuk menguji seberapa jauhkan kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk tersebut.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!