Sales Strategy atau Strategi Penjualan untuk UKM

Bila perusahaan memproduksi barang setiap hari dan hanya beberapa orang saja yang membeli barang tersebut tentu akan terjadi penimbunan barang produksi.

Pada dasarnya barang produksi yang berlebihan dan tidak terjual dengan cepat akan merugikan perusahaan. Karena sales strategy yang kurang baik dan tidak tepat sasaran inilah yang mengakibatkan barang tidak cepat laku dan akhirnya perusahaan merugi.

Bagi pemasar tentu saja strategi untuk menjual produk harus diperhatikan jangan asal menjual saja. Bila pomosi terhadap produk kurang maksimal tentu saja konsumen malas membelinya. Karena itlah diperlukan sales strategy untuk mempercepat penjualan produk perusahaan.

Sales atau penjualan merupakan cara untuk menyalurkan produk yang telah diproduksi oleh perusahaan kepada konsumen. Sales ini kemudian menawarkan produk kepada konsumen maupun calon konsumen di beberapa tempat atau juga dipasar tempat berkumpulnya banyak orang.

Sales strategy merupakan cara untuk menarik perhatian calon konsumen maupun konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkan oles sales tersebut.

Namun pada kenyataannya sales sering mengalami kegagalan dalam merayu konsumen mereka. Kegagalan penjualan ini bukan karena produk tersebut tidak diminati konsumen namun karena sales strategy yang dijalankan kurang tepat. Sales trategy sangat penting bagi semua operasional penjualan agar mereka bisa mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya.

Lalu bagaimana cara untuk membangun sales strategy yang baik bagi penjualan anda? Untuk mendapatkan konsumen yang banyak setiap sales harus mampu memahami beberapa hal dibawah ini:

• Pengetahuan produk
Sebagai tenaga penjualan tentu saja setiap sales harus mengetahui barang yang mereka jual tersebut. Pengetahun tentang produk yang dijual sangat penting agar sales bisa memberikan penjelasan kepada konsumen apa kelebihan dari produk yang dijual. Pengetahuan produk ini juga bisa menjadi promosi kepada banyak orang.

Semakin sales mengetahui dan memahami tentang produk yang akan dipasarkan semakin baik pula mereka nanti berpromosi kepada konsumen.

• Harga special
Bila anda sebagai sales menawarkan harga produk kepada konsumen dengan harga yang melebihi harga pasar tentu saja mereka tidak akan tertarik dengan produk anda. Konsumen akan memilih produk dengan harga yang relatif lebih rendah dan kwalitasnya baik.

Produk anda bisa bersaing dengan produk yang sama lainnya jika anda bisa mengatur kebijakan harga produk anda. Anda bisa memberikan diskon pada produk tersebut untuk pembelian lebih dari satu. Pemberian diskon ini diharapkan bisa menarik hati konsumen agar mau membeli produk anda.

• Kemampuan berpromosi
Kemampu seorang sales untuk mempromosikan produk perusahaan merupakan sales strategy yang dimiliki seseorang dalam usaha penjualan produk. Bila seorang mampu menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan konsumen secara baik tentu saja mereka bisa berpromosi kepada konsumen dengan mudah.

Kemampuan menjalin komunikasi yang baik kepada konsumen merupakan cara termudah untuk menarik simpati mereka.

• Berpikir positif dan pantang menyerah
Banyak sales yang mengalami masalah penjualan karena mereka takut sebelum berperang. Mereka memikirkan hal yang sebenarnya bisa mereka lakukan namun mereka takut menjalaninya.

Berpikir positif dan pantang menyerah merupakan sales strategy untuk menghadapi konsumen. Jangan pernah takut untuk berpromosi walaupun kadang anda dicaci dan ditolak konsumen. Sikap pantang menyerah bisa mengalahkan kegagalan anda dimasa lalu.

Beberapa sales strategy diatas seharusnya dimiliki oleh setiap bagian pemasaran agar penjualan mereka bisa lebih baik. Peningkatan penjualan produk merupakan keberhasilan dalam pemasaran produk tersebut kepada masyarakat.

Dengan kerhasilan penjualan, kemungkinan terjadinya penimbunan barang di gudang bisa diatasi.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.