Sistem Manajemen SDM Terbaik untuk UKM

UKM atau usaha kecil menengah ini memang merupakan salah satu peluang bisnis yang mendapatkan perhatian dari pemerintah. Perannya yang besar dalam membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia memang pantas untuk mendapatkan perhatian.

Manfaat bisnis UKM ini sudah banyak dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat Indonesia yang kreatif dan mau berusaha. Bahkan anda sebagian dari UKM yang telah mampu mendapatkan omset lumayan setiap bulannya karena terus mengembangkan usaha tersebut. Keberhasilan dari beberapa UKM tersebut pastinya tidak akan bisa lepas dari manajemen SDM untuk UKM.

Sebagai usaha kecil menengah, UKM memang membutuhkan manajemen SDM yang baik sehingga SDM yang dipilih benar-benar memberikan kontribusi berarti untuk UKM.

Manajemen SDM itu sendiri merupakan perencanaan, pengembangan, perbaikan, dan juga evaluasi kinerja semua karyawan yang mana langkah ini berfungsi untuk melihat efektifitas setiap hal yang sudah dikerjakan. Hal ini merupakan bagian penting dari manajemen SDM untuk UKM sehingga bisnis kecil ini bisa memberikan hasil yang besar.

Secara administratif, ada beberapa hal yang meliputi manajemen SDM untuk UKM diantaranya adalah :

a. Penyusunan struktur organisasi UKM itu sendiri yang meliputi manager atau Koordinator, sekretaris, bendahara, hingga anggota, dan lain-lain.

b. Seleksi, rekrutme, hingga PHK pada SDM yang benar-benar harus diperhatikan, dengan tujuan agar bisnis UKM yang dijalankan bisa berhasil.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

c. Pelatihan yang diikuti oleh pengembangan setiap SDM juga merupakan bagian dari manajemen SDM untuk UKM. Pelatihan dan pengembangan ini difungsikan untuk memberikan pengetahuan yang lebih matang kepada setiap karyawan sehingga mereka memiliki modal pengetahuan yang memdai untuk mengelola UKM.

d. Membuat kebijakan dan juga prosedur untuk memberikan kesejahteraan serta kewajiban karyawan juga bagus untuk diberikan. Hal tersebut biasanya meliputi, kedisiplinan, asuransi, fasilitas karyawan, dan lain-lain.

e. Dokumentasi data karyawan merupakan kebijakan administratif yang sudah seharusnya dimiliki oleh setiap UKM.
f. Administrasi lain yang juga tidak kalah penting adalah upah karyawan.

Untuk mendukung sistem manajemen yang baik, hal-hal mengenai SDM atau karyawan secara adiministratif juga merupakan bagian yang penting. Sedangkan secara pelaksanaan, setiap UKM yang memiliki 25 karyawan lebih harus memiliki peraturan perusahaan yang mana telah diatur oleh DEPNAKER dan transmigrasi.

Secara pelaksanaan , tahap awal manajemen SDM untuk UKM yang harus dilakukan adalah perencanaan yang mana dalam tahap ini UKM harus menentukan jumlah karyawan yang akan dibutuhkan.

Perencanaan ini meliputi berbagai hal diantaranya adalah berapa banyak jumlah karyawan, hal-hal yang harus dilakukan oleh karyawan, kemampuan yang harus dimiliki oleh karyawan, dan lain sebagainya. Selain itu struktur yang jelas dalam UKM juga merupakan bagian penting dari manajemen.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan seleksi terhadap keryawan yang akan direkrut. Ingat jangan sampai anda merekrut karyawan dengan asal-asalan jika anda mengharapkan bisnis yang anda jalankan menjadi sukses.

Proses rekrutment ini akan memberikan kesempatan bagi anda untuk menentukan calon karyawan yang berpotensi dan memiliki komitmen serta loyalitas yang tinggi. Dengan begitu, UKM tidak akan sering mengganti karyawannya.

Manajemen SDM untuk UKM selanjutnya adalah dengan melakukan proses evaluasi dan pengembangan. Tahap ini untuk mengetahui efektifitas dari setiap tugas yang diberikan kepada karyawan. Sedangkan pengembangan akan sangat diperlukan untuk memperkaya pengetahuan karyawan.

Selain itu beberapa aspek yang berkaitan dengan karyawan juga harus benar-benar diperhatikan dan dipahami dengan cermat. Bagaimanapun juga kualitas SDM yang baik akan berdampak pada perkembangan UKM untuk jangka pendek dan jangka panjang.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!