Social Media Marketing untuk Usaha Kecil dan Menengah

Sebelum membahas lebih jauh tentang sosial media marketing untuk UKM, tidak ada salahnya jika kita kembali mengetahui apa sebenarnya tujuan dari UKM itu sendiri. UKM atau usaha kecil menengah ini merupakan bentuk usaha kecil yang mana berdirinya merupakan inisiatif dari sesorang .

Jika diterapkan secara maksimal perannya UKM itu sendiri juga sangat bagus untuk membantu mengurangi angka kemiskinan pada masyarakat. Tidak heran, jika UKM telah diakui mampu memberikan kontribusi yang besar untuk membantu meningkatkan pendapatan daerah.

Sebagai salah satu bentuk usaha untuk masyarakat, mendirikan UKM itu sendiri juga memiliki tujuan diantaranya untuk meningkatkan ketrampilan, mengembangkan wirausaha baru, mengurangi angka pengangguran, dan yang terpenting adalah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan.

Didukung dengan sumberdaya manusia yang mumpuni, maka tidak menutup kemungkinan bahwa UKM yang dijalankan akan memberikan hasil yang bagus untuk kesejahteraan anggotanya.

Sebagai suatu usaha, UKM pastinya juga tidak akan bisa lepas dari yang namanya marketing. Sebagai usaha kecil menengah, UKM pastinya sangat membutuhkan media promosi yang tidak membutuhkan anggaran yang cukup besar.

Salah satu media alternative yang bisa digunakan media pemasaran adalah sosial media marketing untuk UKM. Media ini merupakan media yang sangat efektif dan cocok untuk jenis usaha yang memiliki modal terbatas.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pemasaran melalui sosial media marketing untuk UKM;

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

a. Tentukan target konsumen
Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam melakukan pemasaran adalah menentukan target konsumen yang bisa menggunakan produk anda. Dengan menentukan target konsumen yang potensial yang akan menjadi target pemasaran produk anda, maka anda bisa menentukan cara marketing yang tepat.

b. Tentukan tujuan komunikasi melalui iklan
Setelah anda mengetahui apa sebenarnya tujuan perusahaan anda menggunakan sosial media marketing untuk UKM ini, maka anda bisa menentukan protofolio yang signifikan untuk menjangkau konsumen yang ditargetkan. Jika tujuan iklan anda adalah untuk membangun awareness, maka anda bisa memilih media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat seperti facebook atau tweeter.

c. Isi artikel yang kreatif
Creative artikel merupakan salah satu media komunikasi dalam promosi. Sebuah artikel yang menarik pastinya juga akan bisa menarik minat pembeli. Mungkin anda juga pernah mengalami membaca sebuah artikel yang bagus dan menarik hingga akhirnya anda betah membaca artikel hingga selesai dan akhirnya memutuskan untuk membeli.

Jika anda menggunakan facebook atau tweeter maka anda harus mengetahui batas karakter atau kata yang bisa anda tulis dalam media tersebut. Dengan jumlah karakter yang terbatas, maka anda harus membuat artikel yang padat dan menarik.

d. Community promotion
Langkah selanjutnya yang dilakukan adalah meningkatkan penyebaran promosi yang telah anda lakukan. Salah satu langkah yang cukup mudah untuk dilakukan adalah dengan bantuan orang-orang yang sudah mengetahui promosi anda. Melalui follower pada tweeter atau like pada facebook maka anda telah melakukan tahap ini.

Semakin banyak like atau follower ini berarti memberikan kesempatan lebih pada promosi anda untuk lebih dikenal oleh masyarakat facebook.

e. Menerima kritik dan saran
Jangan pernah anda melupakan poin yang satu ini karena bagaimanapun juga langkah ini merupakan salah satu bentuk komunikasi dengan konsumen yang memberikan banyak masukan untuk perusahaan.

Bagian ini juga merupakan bagian yang sering dianggap sepele oleh banyak perusahaan, akibatnya perusahaan tidak bisa meningkatkan kualitas produk sesuai dengan yang diharapkan oleh konsumen.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!