Strategi Distribusi Produk yang Optimal dan Efisien

Distribusi barang merupakan bagian dari kegiatan perusahaan yang mana pada tahap ini merupakan kesempatan bagi perusahaan untuk menjual produknya secara maksimal.

Strategi itu sendiri merupakan bagian dari strategi marketing setiap perusahaan dalam memasarkan produknya. Bagaimanapun juga bagian ini merupakan bagian penting yang mana tanpa penjualan yang bagus maka suatu perusahaan tidak akan bisa bertahan.

Bagaimanapun juga, sumber penghasilan perusahaan adalah hasil penjualan produk. Itulah sebabnya perlu ada strategi distribusi dalam bisnis yang tepat sehingga strategi distribusi yang tepat akan memberikan keuntungan yang signifikan untuk perusahaan.

Berkaitan dengan strategi distribusi dalam bisnis tersebut sebenarnya ada beberapa macam sistem distribusi yang bisa digunakan oleh perusahaan.

Pemilihan sistem tersebut pastinya juga harus disesuaikan dengan produk yang dijual oleh perusahaan anda. Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa faktor yang pastinya juga sangat menentukan optimalisasi sistem distribusi yang anda pilih, diantaranya adalah karakteristik produk, tingkat standarisasi, dan lain-lain.

Dalam menggunakan distributor atau perantara pemasaran memang harus menyusun rencana mengenai cakupan target pasar. Dengan demikian, perusahaan bisa menyusun stratgei bagaimana agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada setiap konsumen.

Cakupan pasar yang dimaksud itu sendiri bisa diklasifikasikan sebagai distribusi intensif, distribusi eksklusif, dan juga distribusi selektif. Masing-masing akan sangat ditentukan oleh jenis produk yang dijual.
Strategi distribusi dalam bisnis demi memaksimalkan tahap pemasaran produk

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Bagaimanapun juga demi mensukseskan proses pemasaran produk dalam perusahaan anda, sudah pasti tidak akan bisa lepas dari yang sistem distribusi. Salah satu strategi distribusi yang bagus adalah mempersingkat saluran distribusi. Mempersingkat saluran disitribusi ini berarti perusahaan bisa memutus jaringan distributor sehingga produk perusahaan bisa lebih cepat diterima oleh konsumen. Menata strategi distribusi dalam bisnis dengan baik, maka akan memberikan hasil yang signifikan untuk perusahaan anda.

Cara lain yang bisa anda gunakan sebagai strategi distribusi dalam bisnis adalah dengan mempercepat proses distribusi. Proses distribusi ini merupakan tahapan dalam menjalankan suatu bisnis yang mana tahapan untuk mendistribusikan produk ini akan dilakukan ketika proses produksi telah selesai. Itulah sebabnya, demi mendukung proses distribusi bisa berjalan dengan cepat maka proses produksi juga harus dipercepat.

Bagaimanapun juga proses prooduksi dan proses distribusi merupakan dua hal yang saling berkaitan dalam dunia bisnis perdagangan produk. Melayani konsumen dengan baik juga merupakan bagian dari stratgei marketing dalam bisnis.

Melalui distributor, suatu perusahaan juga bisa mempertimbangkan berbagai informasi kebutuhan, saran, dan yang lainnya untuk membantu meningkatkan pelayanan. Itulah sebabnya, menjual produk melalui distributor yang cukup juga akan membantu memaksimalkan tahap pemasaran setiap produk dari perusahaan.

Hal yang perlu anda pertimbangkan lagi dalam memasarkan produk adalah memilih distributor yang berkompeten dan bisa dipercaya.

Umumnya kualifikasi seorang distributor memang tidak harus berpendidikan tinggi, tapi melalui pelatihan perusahaan akan bisa membentuk pribadi distributor yang berkompeten. Didukung dengan kepribadian yang baik, maka tahapan distribusi produk akan berjalan dengan baik karena si distributor juga menjalankan amanat perusahaan dengan baik.

Melakukan evaluasi mengenai jumlah barang yang dibutuhkan oleh masyarakat juga merupakan bagian yang penting untuk terus diperhatikan oleh setiap perusahaan. Melalui distributor perusahaan bisa mendapatkan informasi tersebut.

Dengan stok barang yang cukup, maka akan membantu memaksimalkan proses distribusi dan meningkatkan income perusahaan. Selain itu konsumen juga akan merasa lebih nyaman karena produk yang dibutuhkan bisa terpenuhi.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!