Strategi Online untuk Pengembangan Bisnis UKM

Indonesia adalah sebuah negara berkembang dengan beberapa warganya yang memilih untuk menjadikan enterpreneur sebagai pekerjaannya.

Adapun jenis bisnis yang bisa Anda tempuh ketika memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur adalah usaha dalam skala kecil dan atau menengah (UKM). Banyak sekali ide bisnis yang bisa dikembangkan dan bisa menarik banyak konsumen. Namun, sebagus apapun ide berbisnis Anda, jika Anda tidak memiliki brand strategy untuk UKM yang baik, maka usaha Anda tidak akan berkembang dengan baik.

Pengusaha UKM memiliki modal yang terbatas, oleh karena itu salah satu jalan keluar yang baik adalah bagaimana cara brand strategy untuk UKM yang baik secara online. Penggunaan surel, situs, ataupun blog bisa menjadi sarana promosi yang sangat efektif dengan modal minim.

Apa sajakah cara-cara efektif agar Anda memiliki strategi pemasaran yang efektif?

Siapa yang tidak pernah menggunakan Google? Mesin pencari yang satu ini memang sudah sangat terkenal di dunia internet. Sebanyak 80% dari pengguna internet (mungkin Anda salah satunya)selalu menggunakan jasa Google untuk mencari berbagai jenis informasi yang dibutuhkan.

Karena pengguna dan pemakai jasa Google sangat banyak, maka sudah seharusnya Anda menguasai berbagai jenis trik untuk membuat usaha Anda lebih eksis lagi di dunia maya. Salah satunya Anda bisa mencoba untuk mempelajari berbagai jenis keyword yang biasa muncul di Google, dengan cara seperti itu brand strategy untuk UKM Anda bisa lebih berkembang, khususnya di dunia internet.

Untuk menentukan bagaimana cara membuat keyword yang baik, sesuaikan keyword yang dibuat dengan bidang pada bisnis UKM apa yang sedang Anda jalani sekarang.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Pastikan keyword yang Anda gunakan adalah keywordyang banyak dicari oleh target market Anda. Disarankan untuk menggunakan kata kunci lebih dari satu kata karena kata kunci dengan satu kata sudah terlalu banyak. Masukkan keyword tersebut kedalam website ataupun blog Anda. Hal ini bertujuan untuk menambah jumlah traffic yang terdapat pada blog maupun website Anda.

Jika sudah membuat website atau blog, maka langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah konten dari website atau blog yang sudah Anda buat tersebut. Konten sangatlah penting untuk Anda publikasikan karena konten bisa menjadi solusi dari target market Anda.

Tentu saja mereka ingin membaca sesuatu yang bisa menjadi solusi atas kebutuhan maupun permasalahan mereka akan suatu hal/jasa/barang. Anda tentunya ingin target market yang dituju mau membeli atau menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Strategi untuk membuat konten yang baik adalah salah satu strategi pemasaran produk yang sangat efektif. Jangan lupa juga untuk selalu mempromosikan website atau blog Anda supaya ramai dikunjungi orang.

Apabila Anda sedang atau akan merintis usaha, pastilah Anda pernah mengalami beberapa kasus pemasaran produk UKM. Kasus atau masalah yang timbul adalah bagaimana cara memasarkan produk yang baik dan benar itu seperti apa.

Menurut sebuah penelitian, ada sekitar 83% responden yang mengatakan bahwa para pelaku bisnis yang ada saat ini pada umumnya belum mengetahui bagaimana strategi pemasaran bisnis mereka yang baik dan efektif.

Akibatnya, mereka kesulitan untuk mendapatkan calon pelanggan. Selain itu juga, akibat kesulitan dalam mendapatkan calon pelanggan, maka hamper sebagian besar para pelaku usaha UKM harus mengalami pahitnya sebuah kegagalan dalam menjalani sebuah usaha.

Supaya kemungkinan gagal bisa lebih diminimalisasi, ada kalanya Anda haru menghindari hal-hal berikut ini agar kondisi serupa tidak terulang.

Memang jika melihat kesuksesan dari sebuah perusahaan besar kadang-kadang membuat Anda merasa iri. Padahal Anda juga bisa sukses seperti mereka yang sudah memiliki perusahaan besar yang berkembang pesat, caranya adalah menemukan dan mengaplikasikan strategi promosi yang mumpuni.

Anda sebagai pelaku pebisnis pemula hanya mengikuti tren yang sudah ada dan mencontoh pada perusahaan lain yang sudah lebih dulu sukses. Tahukah Anda jika terlalu banyak berpromosi, maka semakin banyak hal penting yang terlewat untuk dikatakan.

Untuk perusahaan besar yang sudah sangat berkembang memang menggoda perusahaan lain untuk meniru kiat-kiatnya untuk sukses. Namun perusahaan-perusahaan besar tersebut juga memiliki dana yang cukup besar mulai dari memasang iklan baik di koran atau majalah atau memasang baliho dengan ukuran yang agak lebar. Tentu saja itu semua membutuhkan biaya yang tidak sedikit,untuk itu berhati-hatilah jika ingin meniru.

Jika strategi pemasaran Anda selama ini adalah hanya menonjolkan kelebihan produk Anda, maka Anda keliru. Anda juga harus bisa membawa emosi para pelanggan dengan cara memahami juga apa yang mereka inginkan.

Karena Anda terlalu menonjolkan produk yang Anda jual tanpa melibatkan keinginan langsung para pelanggan, maka mereka tidak akan ragu untuk berpaling pada produk lain dengan pelayanan dan kualitas yang lebih baik dari produk Anda.

Selama ini strategi promosi yang dilakukan pelaku UKM hanya sebatas menonjolkan kelebihan produknya tanpa memahami keinginan maupun emosi para pelanggan.

Akibatnya, pelanggan kurang tertarik dengan penawaran yang disampaikan, dan cenderung berpaling ke produk lain yang pelayanannya lebih terjamin. Kasus pemasaran produk UKM seperti inilah yang dialami oleh para salesman ketika mereka menawarkan produknya kepada calon pelanggan.

Anda tentu saja menginginkan penjualan produk Anda yang optimal dengan cara hanya melakukan promosi yang serba instan.

Ketahuilah bahwa hal tersebut juga termasuk kedalam kasus pemasaran produk UKM yang cukup fatal.

Anda juga harus melihat kondisi di lapangan seperti apa, bagaimana cara promosi yang baik dan benar seperti melakukan segmentasi pasar, bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan dan calon konsumen, dan yang terpenting adalah apakah produk yang Anda tawarkan bisa menjadi solusi bagi calon pelanggan Anda.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!