Strategi Pemasaran Online yang Ampuh untuk UKM

Lebar

Pemasaran bukan hanya dilakukan oleh perusahaan besar namun usaha kesil dan menengah juga memerlukan pemasaran untuk meningkatkan laba mereka. UKM sebagai bisnis kecil menengah kadang dianggap sebagai bisnis biasa yang tidak memerlukan pemasaran yang luas.

UKM juga memerlukan pemasaran baik secara langsung maupun secara online. Pemasaran online untuk UKM diperlukan untuk memenangkan persaingan bisnis.

Persaingan bisnis saat ini banyak dilakukan melalui internet atau yang sering dikenal dengan pemasaran online. Pemasaran ini dianggap lebih efektif dibandingkan dengan pemasaran langsung atau melalui pasar. Pemasaran online untuk UKM ini bisa meningkatkan penjualan dan juga bisa menghindarkan dari kegagalan bisnis.

Pemasaran online untuk UKM bisa dilakukan oleh pemilik bisnis kecil dan menengah baik dengan modal besar maupun kecil. Pemasaran merupakan cara untuk menjual barang atau jasa kepada konsumen baik secara langsung maupun melalui perantara. Pemasaran saat ini bisa dilakukan secara langsung maupun secara online.

Pemasaran secara langsung dulunya memang menjadi pilihan banyak orang karena keterbatasan teknoligi saat itu.

Namun beberapa tahun kemudian seiring dengan perkembangan teknologi, pemasaran juga dikembangakan menjadi pemasaran online. Dan saat ini pemasaran online bukan hanya dilakuakan pada perusahaan atau bisnis besar namun usaha cil dan menengah pun juga bisa memasarkan bisnis secara online. Pemasaran online untuk UKM dirasa lebih efektif dan efisien daripada pemasaran langsung pada konsumen.

Usaha kecil dan menengah banyak diminati masyarakat karena usaha ini tidak memerlukan modal besar. Sekalipuhanya bermodal kecil namun UKM bisa dikembangkan menjadi usaha yang lebih besar lagi. Pengembangan UKM ini bisa dilakukan dengan pemasaran online untuk UKM baik oleh pemilik usaha maupun orang lain yang ada kaitannya dengan bisnis UKM tersebut.

Beberaa keuntungan pemasaran online untuk UKM ini diantaranya:

• Biaya ringan
Pemasaran secara online tidak memerlukan biaya besar karena hanya dengan computer atau laptop dan pc saja anda bisa memasarkan produk dan jasa yang bisa menjangkau seluruh pelosok bukan hanya pada daerah anda sendiri. Jaringan internet bisa menjangkau semua daerah bahkan di luar negeri pun juga bisa dijangkau.

Jika anda rus memasarkan produk usaha kecil mauoun menengah anda secara langsung atau door to door tentu saja anda harus mengeluarkan tenaga dan waktu yang lama. Jika anda memakai kendaraan tentu saja anda harus mengeluarkan biaya transport yang besar pula. Biaya yang besar ini akan mempengaruhi laba yang anda dapatkan.

• Jangkauan luas
Pemasaran online untuk UKM bisa menjangkau semua wilayah bahkan sampai ke luar negeri. Jangkauan luas ini bisa meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis semakin banyak. Peasaran secara online sangat efektif bagi usaha kecil dan menengah agar usaha semakin dikenal banyak orang.

• Mudah dijalankan
Ternyata pemasaran online lebih mudah dijalankan jika dibandingkan dengan pemasaran secara langsung. Pemasaran online untuk UKM sangat mudah dijalankan karena hanya dengan koneksi internet saja anda sudah bisa memasarkan produk pada semua orang.

Karena kemudahan pemasaran ini banyak orang yang memilih pemasaran online untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah. Berikut beberapa cara pemasaran online untuk UKM:

• Facebook
Facebook bukan hanya sebagai tempat berkomunikasi dan mencari pertemanan namun sekarang facebook bisa dimanfaatkan menjadi alat pemasaran online yang dasyat.

• Website atau blog
Website maupun blog bisa menjadi tempat berpromosi semua bisnis dan jasa. Dengan adanya website ini pengunjung bisa dengan mudah melihat produk yang dijual.

• Email

• Situs penyedia iklan di internet

Comments are closed.

Lebar

Download Now. GRATIS. Panduan tentang 5 Kunci untuk Menguak Rahasia Kesuksesan Sejati

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!