Strategi Penetapan Harga Produk Anda supaya Profitabel

Strategi penetapan harga merupakan salah satu strategi yang digunakan suatu perusahaan untuk mengontrol harga produk mereka dengan berbagai tujuan yang ada serta membantu untuk memberikan pola piker kepada masyarakat yang juga dapat mempengaruhi tinggi rendahnya tingkat daya beli masyarakat tersebut.

Contoh strategi penetapan harga. Ada beberapa contoh upaya yang biasanya dilakukan oleh perusahaan tersebut dalam hal strategi penetapan harga tersebut. Strategi penetapan harga yang biasanya digunakan antara lain:

1. Skimming pricing
Strategi ini adalah strategi yang diterapkan pada awal produk tersebut diluncurkan ke pasaran. Pada awal peluncuranya, produk ini dijual dengan harga tinggi, namun setelah animo masyarakat semakin meningkat dan semakin mencintai produk ini maka harga dari produk tersebut akan diturunkan secara perlahan.

2. Penetration Pricing
Strategi ini merupakan strategi penetapan harga yang rendah pada suatu barang. Penetapan harga ini memiliki tujuan yaitu agar menarik dan meningkatkan volume penjualan, sehingga keuntungan dari penjualan produk tersebut di dapatkan melalui banyaknya barang yang terjual dan bukanya berasal dari harga jual yang tinggi.

3. Prestige pricing
Strategi penetapan harga ini berbicara mengenai harga yang tinggi pada suatu barang.

Penetapan harga ini bertujuan untuk menetapkan pola piker pada para konsumen bahwa harga jual barang ini tinggi karena kwalitasnya yang baik, pada umumnya pada kasus ini jika harga diturunkan akan sangat mempengaruhi tingkat penjualan karena konsumen berpikir bahwa harga yang turun tersebut terjadi karena adanya penurunan kwalitas produk.

Tujuan diberlakukanya strategi penetapan harga
Setiap strategi yang digunakan dalam bisnis tentu memiliki suatu tujuan yang ingin dicapai, begitu juga dengan strategi penetapan hargaini. Berikut ini merupakan beberapa tujuan yang ingin dicapai melalui strategi ini, antara lain:

1. Mencari laba atau keuntungan
Strategi ini dilancarkan dengan tujuan untuk memaksimalkan pendapatan dan keuntungan dari bisnis tersebut. Dari strategi penetapan harga ini juga akan tercipta angka pasti mengenai berapa keuntungan yang secara pasti akan diperoleh oleh perusahaan tersebut melalui bisnis yang dijalankan tersebut.

2. Mencapai target penjualan
Suatu perusahaan pasti akan memiliki target yang akan dicapai dalam nilai penjualanya. Menetapkan harga yang tepat akan meningkatkan volume penjualan dari suatu barang itu sendiri. Harga tersebut juga tercipta dari berbagai pertimbangan seperti kwalitas barang, biaya produksi dan harga produk competitor.

3. Mempertahankan citra produk
Ada beberapa perusahaan yang terus bertahan dengan harga tinggi pada setiap barang yang dia jual. Hal ini menjadi image atau citra yang memang sengaja untuk dibentuk. Dengan adanya penetapan harga yang tinggi ini diharapkan citra dari produk tersebut akan terbentuk citra eksklusif serta prestisius. Sehingga nilai barang tersebut juga menjadi lebih meningkat.

4. Untuk memperoleh stabilasi harga
penetapan harga ini juga dapat berfungsi sebagai tolak ukur dari standarisasi harga, dengan harga yang telah distandarisasi tersebut maka akan diperoleh stabilisasi harga jual secara umum atau harga pasaran dari produk tersebut.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!