Strategi untuk Menjadi Reseller Online yang Sukses

Usaha resale online adalah jenis usaha jual beli dimana anda tidak perlu menyediakan barang dagangan, karena anda menjual barang yang sudah disediakan oleh pihak manufaktur.

Model bisnis jual kembali ini disukai banyak orang karena fleksibel dan dapat dijadikan usaha sampingan yang tidak begitu merepotkan.

Akan tetapi, karena sangat populer, memulai usaha online dalam bidang resale ini tidak semudah kelihatannya.

Banyak para reseller yang memulai usahanya dengan percaya diri dan modal yang lumayan murah ternyata kemudian bangkrut atau berhenti berbisnis tak lama kemudian, padahal barang yang dijualnya termasuk jenis barang yang sangat potensial untuk menarik minat calon pembeli.

Memulai usaha online bidang resale pada dasarnya bisa dilakukan oleh siapa saja karena lebih membutuhkan kesabaran dan keuletan ketimbang latar belakang bisnis formal.

Akan tetapi, mungkin masih banyak yang beranggapan bahwa bisnis resale adalah bisnis yang lebih cocok dijadikan sampingan karena tidak begitu menguntungkan. Namun, asalkan anda melakukan semuanya dengan tepat sejak awal, usaha resale ini bisa menjadi usaha kecil yang cukup menguntungkan.

Anda bahkan dapat melakukannya sembari menjalankan kegiatan harian sebagai mahasiswa, ibu rumah tangga, karyawan atau pensiunan. Apalagi, dengan adanya fasilitas internet, anda tidak perlu membuka lapak karena anda bisa membuka lapak online saja.

Berikut adalah beberapa hal yang harus anda lakukan ketika memulai usaha online bidang resale.

Pilihlah Produk yang Tepat
Saat ini, anda bisa menemukan berbagai jenis produk yang dijadikan barang resale, mulai dari barang elektronik, perangkat komunikasi, makanan ringan, kaos sablonan, minuman kesehatan, suplemen dan bahkan kendaraan bermotor.

Jika anda hanya memiliki anggaran kecil untuk membeli paket resale, jangan memaksa membeli produk yang harganya mahal.

Anda juga harus memperhitungkan produk apa yang kira-kira akan menjadi tren atau sangat dibutuhkan, sehingga mudah bagi anda untuk mempromosikannya. Sejauh ini, produk yang cukup populer di Indonesia dengan paket resale yang cukup murah adalah barang-barang seperti suplemen kesehatan, makanan ringan, kaos sablonan dan pakaian anak-anak.

Cek Reputasi Bisnis
Saat memulai usaha online apapun, termasuk resale, sangat penting untuk mengecek reputasi situs manufaktur yang menyediakan paket produk resale.

Walau jelas bahwa semua jenis produsen resale pasti akan mempromosikan barang mereka dengan pesan-pesan positif dan janji keuntungan, tetap saja ada situs-situs yang harus anda waspadai. Banyak cerita reseller yang tertipu oleh situs resale palsu, atau bangkrut karena produsen yang mendadak tidak lagi beroperasi.

Pastikan situs tersebut memiliki reputasi baik dengan mengecek testimoni di internet serta reputasi bisnisnya sendiri lewat Google.

Baca dengan Baik Persyaratan Bisnisnya
Pastikan anda tidak melewatkan sesuatu yang penting ketika membaca persyaratan bisnis yang diajukan. Baca semua hal baik yang berupa hak maupun kewajiban anda, dan hubungi si produsen kalau perlu. Ingat, tidak ada paksaan untuk ada di tahap ini; jika anda merasa ini bukan untuk anda, silahkan mundur tanpa merasa bersalah.

Buat Blog atau Situs yang Representatif
Untuk menjual produk resale secara online, anda membutuhkan blog atau situs yang bagus sebagai lapak online anda.

Jika anda tidak bisa membuat situs sendiri atau tidak punya uang untuk menyewa jasa pembuat situs profesional, anda bisa membuatnya menggunakan blog gratisan yang dipoles dengan baik agar nampak profesional.

Dalam memulai usaha online bentuk resale, anda juga bisa memanfaatkan situs-situs yang memang menyediakan lapak online gratis atau murah sekali untuk memajang barang anda.

banner enterpreneur

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!