Tips Dahsyat untuk Memasarkan Produk Usaha Kecil

Strategi pemasaran mutlak diperlukan jika anda ingin membuat produk usaha anda dikenal luas oleh masyarakat (dan pelanggan potensial).

Akan tetapi, strategi pemasaran UKM berbeda dengan strategi yang diterapkan oleh bisnis besar walaupun secara prinsip sama.

Jika bisnis besar memiliki sumber daya yang dibutuhkan plus anggaran besar untuk melaksanakan berbagai strategi pemasaran, usaha kecil dan menengah yang baru berjalan tidak memiliki modal anggaran pemasaran yang terlalu besar.

Oleh sebab itu, pemilik bisnis kecil harus kreatif dan bisa menggunakan anggaran yang sedikit untuk merancang strategi pemasaran yang lebih sederhana namun efektif.

Dalam memutuskan bentuk strategi pemasaran UKM, anda harus mengubah pola pikir keliru yang jamak dimiliki oleh pemilik bisnis baru: bukannya bertanya-tanya soal berapa biaya yang dibutuhkan untuk tiap metode pemasaran, anda harusnya bertanya soal metode mana yang paling tepat untuk menjaring target pemasaran yang anda incar.

Misalnya, walaupun menyebarkan brosur termasuk metode pemasaran yang murah, hal itu mungkin kurang efektif jika anda membuka usaha pembuatan situs internet. Sebaliknya, jika anda membuka warung makan murah atau binatu kecil-kecilan di komplek perumahan, brosur akan menjadi metode yang lebih efektif.

Setelah anda menentukan target pemasaran dan metode yang tepat, lakukan juga langkah-langkah berikut ini untuk menciptakan strategi pemasaran UKM yang sukses:

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

• Buatlah analisis target pemasaran dengan cara melakukan pengamatan langsung terhadap kebiasaan dan perilaku mereka yang kira-kira bisa menjadi faktor potensial bagi usaha anda.

Caranya tidak seseram kedengarannya; karena pelanggan bisnis kecil biasanya mereka yang tinggal atau bekerja di area sekitar yang dekat, anda bisa keluar dan melakukan pengamatan langsung, misalnya ke klub-klub, komunitas dan tempat-tempat umum di sekitar area bisnis anda.

• Tentukan metode pemasaran yang paling tepat berdasarkan kebiasaan dan gaya komunikasi target pemasaran anda. Ini adalah kunci agar strategi pemasaran UKM cepat mendatangkan hasil, karena anda tidak bisa mengharapkan semua orang akan membutuhkan jasa atau produk anda.

Sebagai contoh, jika anda membuka usaha binatu kilat untuk mahasiswa pemondok di lingkungan yang banyak rumah kosnya, anda bisa langsung membuat brosur untuk disebarkan di lingkungan tersebut. Jika anda ingin membuat usaha pembuatan blog atau situs, langsung promosikan jasa anda secara daring (online).

• Buatlah paling tidak dua macam strategi pemasaran untuk diterapkan, bukan hanya satu. Misalnya, anda bisa membuat brosur dan blog sendiri, atau memasang pengumuman di forum publik plus membuat akun jejaring sosial khusus untuk keperluan promosi.

• Buatlah masa evaluasi untuk melihat apakah strategi pemasaran yang anda buat berhasil atau tidak. Jangan membuat waktu evaluasi terlalu dekat, karena strategi pemasaran yang telah diterapkan membutuhkan waktu cukup lama untuk mendatangkan hasil.

Sebagai contoh, anda bisa melakukan evaluasi hasil penerapan strategi marketing yang pertama enam bulan setelah anda mendirikan bisnis. Kemudian, anda bisa melakukan evaluasi tahunan untuk melihat apakah metode tersebut pantas diteruskan atau tidak.

Akhirnya, jangan berharap anda akan mendapat keuntungan cepat-cepat; semua proses penerapan strategi pemasaran UKM butuh waktu untuk benar-benar berdampak, terutama karena banyak orang biasanya lebih sulit untuk langsung mempercayai sebuah bisnis baru ketimbang nama tenar.

Jika anda sudah memilih strategi yang tepat dan menerapkannya sesuai dengan kondisi dan model target pemasaran, anda hanya harus bersabar untuk melihat hasilnya kelak.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!