Tips Memulai Usaha Bimbingan Belajar di Area Anda

Memulai usaha bimbingan belajar merupakan salah satu tren pembukaan usaha yang populer di kalangan pecinta dunia pendidikan.

Selain prospeknya cukup cerah karena makin tingginya tuntukan pendidikan jaman sekarang, usaha bimbingan belajar relatif dapat dimulai dengan mudah asalkan anda sudah menemukan lokasi, sedikit modal yang cukup untuk minimal membuat CV dan beberapa tenaga pengajar.

Bahkan, saat ini ada juga lembaga bimbingan belajar yang memiliki sistem waralaba sehingga anda benar-benar tidak usah memulai dari nol untuk membuat konsep dan sebagainya.

Akan tetapi, jangan sampai anda rugi karena sudah mengeluarkan modal lumayan serta tenaga dan ternyata usaha bimbingan belajar anda tidak bertahan lama.

Karena usaha bimbingan belajar merupakan usaha jasa, anda harus memastikan sejak awal bahwa tempat tersebut bisa dipercaya dalam hal memberikan layanan pengajaran bagi para murid yang membutuhkannya.

Jika anda tertarik untuk memulai usaha bimbingan belajar, baik itu yang dimulai dari nol maupun dengan program waralaba, berikut beberapa tips yang bisa sangat berguna:

• Pastikan anda memilih lokasi yang ideal; dekat dengan sekolah atau paling tidak cukup strategis sebagai tempat yang akan dilihat para keluarga dan dijadikan tempat bagi para orang tua untuk memasukkan anak mereka. Jangan memilih area yang sepi atau terkenal rawan kejahatan atau kecelakaan karena akan membaut orang tua segan memilih tempat anda untuk anak mereka.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

• Lakukan survey tentang keberadaan usaha bimbingan belajar lain di lokasi tempat anda berniat untuk membuka bisnis anda itu. Jika sudah ada terlalu banyak persaingan, mungkin anda sebaiknya mencari lokasi lain.

• Jika ada tempat bimbingan belajar lain di tempat incaran anda, dan anda memang tidak punya pilihan lokasi lain, jadikan hal tersebut sebagai keuntungan anda.

Datanglah dan minta brosur untuk dipelajari atau sedikit bertanya-tanya pada stafnya tentang program belajar di tempat tersebut (anda bisa berlagak menjadi orang tua calon murid). Selain memelajari kemungkinan persaingan anda, anda juga bisa mendapat beberapa pelajaran tentang cara membuat dan menjalankan program-program bimbingan belajar.

• Pastikan anda sudah membuat konsep yang jelas tentang usaha bimbingan belajar anda, seperti pelajaran apa saja yang akan diajarkan, batasan usia yang anda terima (misalnya, apakah anda menerima semua kelas SD atau anda batasi hanya dari kelas 3 SD ke atas saja?), jadwal dan sebagainya.

• Dalam memulai usaha bimbingan belajar, sangat penting untuk menanamkan kesan pada para orang tua bahwa anda mampu mendidik anak-anak mereka.

Pastikan bahwa anda membuat konsep pemasaran yang bagus dan menarik serta mempekerjakan guru dengan sistem seleksi yang bagus. Anda bisa menjadikan hal ini sebagai keunggulan yang anda ceritakan pada orang tua murid.

• Pastikan bangunan yang anda jadikan tempat bimbingan belajar memiliki pembagian ruang merata untuk ruang kelas, kantor, tempat parkir, ruang berkumpul guru (sebelum mengajar), toilet yang memadai, ruang tunggu, gudang atau ruang suplai dan musholla.

Pastikan juga anda sejak awal memiliki gambaran untuk pengembangan ruangan bangunan tersebut jika bisnis anda ternyata berkembang cukup baik.

Ada baiknya anda juga merancang satu keunggulan spesial ketika memulai usaha bimbingan belajar; satu keunggulan yang bisa membuat tempat usaha anda menonjol, misalnya metode khusus pengerjaan soal-soal atau sistem pengajaran yang unik. Jadi, ada baiknya anda berkonsultasi dengan seseorang yang sudah pernah atau sedang berkecimpung di dunia pendidikan.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!