Tips Memulai Usaha Cuci Kiloan yang Sukses

Memulai usaha cuci kiloan kini sudah menjadi tren usaha yang bukan hanya diincar oleh pengusaha bermodal besar, namun juga pengusaha kecil.

Bagi mereka yang bermodal kecil, usaha cuci kiloan bisa jadi merupakan usaha kecil-kecilan yang melayani pesanan dari sedikit orang, yang biasanya tinggal tak jauh dari lokasi binatu tersebut seperti mahasiswa kos.

Usaha jenis ini juga termasuk usaha dimana anda bisa cepat balik modal, karena mencuci pakaian merupakan hal yang harus dilakukan semua orang tidak peduli betapapun sibuknya orang tersebut.

Oleh karena itu, jika dikelola dengan baik sejak awal, usaha cuci kiloan dapat menjadi usaha sampingan atau pekerjaan utama yang cukup menguntungkan.

Apakah anda ingin memulai usaha cuci kiloan yang sukses? Berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba ketika memulai usaha cuci kiloan.

Survey Lokasi dan Karakteristik Pelanggan. Melakukan survey sangat penting untuk menjamin anda membuka model usaha cuci kiloan yang tepat.

Contohnya, apakah anda merencanakan lokasi usaha cuci kiloan anda untuk dibangun di rumah sendiri, atau menyewa suatu tempat baru? Apakah pelanggan potensial yang ada di sekitar tempat usaha anda kebanyakan terdiri dari kaum keluarga, pekerja atau mahasiswa?

Masing-masing pelanggan memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga kelak bisa menjadi faktor penentu dalam hal-hal seperti penentuan tarif, jenis layanan yang diberikan dan sebagainya.

Survey Kebutuhan Usaha. Sebelum memulai usaha cuci kiloan, cobalah catat dengan detil jumlah kebutuhan air, daya listrik, deterjen, pengharum dan pelembut pakaian setiap bulannya, lalu sesuaikan dengan jenis mesin cuci atau pengering dan jumlah unit mesin yang hendak anda beli.

Survey Pesaing. Jika di sekitar anda ada tempat cuci kiloan yang lain, atau jika anda mengetahui kebanyakan pelanggan yang tinggal di area sekitar anda kebanyakan mendatangi sebuah lokasi usaha cuci kiloan, cobalah datangi tempat itu atau selidiki keistimewaannya, misalnya harganya, layanan spesialnya, keunggulannya, dan sebagainya.

Siapa tahu ada hal-hal yang bisa anda tiru atau anda modifikasi sehingga tempat usaha cuci kiloan anda bisa bersaing. Tanyakan pula tarif standarnya per kilo agar anda bisa menghitung kisaran harga yang harus anda ambil.

Tetapkan Harga dan Keunggulan Layanan. Dalam menetapkan harga dan layanan, anda punya dua pilihan: menetapkan tarif yang agak lebih murah daripada usaha pesaing, atau menetapkan tarif sama namun dengan keistimewaan tertentu yang tidak ditawarkan oleh usaha pesaing anda.

Dalam memulai usaha cuci kiloan, hal ini penting untuk menghadapi persaingan dan menanamkan kepercayaan pelanggan. Misalnya, jika kompetitor anda menawarkan harga 7000 rupiah per kilo, anda bisa memilih antara menawarkan harga 6000 per kilo dengan hasil sama, atau tetap 7000 rupiah plus layanan ekstra, misalnya kebebasan pelanggan untuk memilih aroma pelembut pakaian yang mereka suka atau memberi layanan antar ke rumah.

Tawarkan Diskon. Banyak usaha cuci kiloan memberikan layanan ini sebagai layanan ekstra walaupun tidak semua, jadi anda juga bisa memanfaatkannya. Anda mungkin bisa memberikan layanan diskon tiap kali pelanggan memesan jasa pencucian baju sebanyak 5 kilo sekaligus sehingga anda tidak terlalu rugi. Pastikan juga hal ini terpampang jelas di brosur promosi anda.

Akhirnya, kejujuran dan menjaga kepercayaan adalah dua hal penting yang harus dipertahankan dalam memulai usaha cuci kiloan. Lebih baik anda berfokus pada menyelesaikan pesanan sebaik mungkin ketimbang memaksakan diri menerima banyak order.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!