Trik Ampuh agar Sukses dalam Bisnis Properti

Bagi orang yang awam, bisnis properti merupakan bisnis yang rumit dan membutuhkan banyak modal. Akan tetapi bila ditinjau lebih lanjut tidaklah demikian. Selalu ada celah bagi yang ingin mencoba berkarir di bidang ini tanpa harus mengeluarkan banyak modal.

Langkah awalnya bisa saja menjadi agen properti. Agen properti adalah sebuah karir yang sangat menguntungkan dan menjanjikan. Anda bisa bekerja seperti yang diinginkan dan potensi penghasilan yang diraih bisa tidak terbatas jika Anda mempunyai kemampuan untuk bernegosiasi dengan baik dengan klien.

Mimpi Anda bisa terwujud untuk lebih dari sekadar agen properti, yakni menjadi seorang pengusaha properti.

Sangat disarankan Anda mengikuti pelatihan properti. Dalam pelatihan tersebut, proses belajar akan lebih cepat dan pengetahuan tentang seluk beluk properti semakin terasah dan pastinya segera bisa praktek.

Di situ Anda akan diajarkan tentang hal-hal dasar transaksi jual beli dan lisensinya, bahkan juga ada tambahan training untuk menjadi seorang yang profesional. Sekolah properti menjadi sangat populer belakangan ini karena industri ini berkembang pesat di Indonesia.

Berikut beberapa alasan mengapa Peluang Bisnis Properti sangat menguntungkan:

1. Yang Jelas Properti merupakan salah satu dari kebutuhan primer. Setiap orang butuh tempat tinggal, apalagi jumlah penduduk semakin hari semakin banyak. Di samping itu orang yang membeli sebuah properti bukanlah hanya orang yang membutuhkan tempat tinggal, namun banyak juga membeli properti untuk alasan investasi, sehingga peluang bisnis properti sangat bagus.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

2. Harga properti semakin hari semakin melambung tinggi. Ini sangat menantang orang untuk berinvestasi dengan harapan akan mendapatkan keuntungan yang berlipat. Kenaikan harga selain disebabkan oleh perjalanan waktu, juga karena lahan yang semakin terbatas dan permainan harga dari para pengembang. Di samping itu beberapa daerah memiliki kebijakan pembatasan pembangunan rumah pada lahan kosong sehingga harga properti semakin melambung tinggi.

3. Bisnis ini bisa dijalankan tanpa menggunakan uang sendiri yakni dengan menggandeng pemilik lahan sebagai mitra, atau Anda bisa mempelajarinya dari buku-buku investasi yang sudah banyak beredar saat ini.

4. Anda bisa meningkatkan nilai sebuah properti secara besar-besaran tanpa mengeluarkan uang banyak. Bandingkan dengan investasi emas atau saham. Ketika membeli emas, Anda tidak bisa menaikkan harga emas.

Kalau dijual lagi harganya sesuai dengan harga pasar yang fluktuatif naik turun. Meski emas tersebut Anda buat dengan hiasan atau bentuk yang indah, cukup sulit mendapatkan pembeli yang senang dengan emas Anda. Demikian juga investasi saham. Kalau Anda membeli saham, begitu Anda beli, harga saham tersebut di bursa efek bisa turun, bisa pula naik sewaktu-waktu dalam hitungan detik. Dengan kata lain, Anda tidak bisa mengontrol harga saham yang Anda beli.

5. Anda tidak harus menjual properti untuk mendapat keuntungan dari kenaikan harganya karena Anda bisa mendapatkan kredit lagi dari properti yang Anda punya itu untuk dibelikan lagi properti yang lain.

6. Anda tidak perlu memantau properti setiap saat. Begitu Anda beli sebuah rumah, Anda tidak perlu setiap hari mendatangi rumah tersebut. Tak perlu khawatir rumah tersebut akan hilang, layaknya Anda memiliki emas senilai ratusan juta, maka Anda akan memikirkan tempat yang aman.

Begitu pula Anda tidak perlu memantau harga properti setiap hari atau setiap bulan. Setelah Anda beli, maka Anda sewakan dan setelah itu Anda tidak akan pernah memikirkan apakah harganya akan naik atau turun. Dengan demikian, beban pikiran relatif ringan dibanding dengan investasi atau bisnis yang lain.

Dari alasan tersebut di atas, tak heran bila pelaku bisnis properti semakin bertambah banyak. Jika Anda tertarik dengan peluang bisnis properti ini, janganlah terburu-buru. Pelajari lebih lanjut sebelum memulai agar tidak salah langkah dalam menjalankan bisnis dan tidak menderita kerugian.
Bagaimana Cara Memulai Bisnis Properti?

Bisnis properti bisa dimulai dari hal-hal kecil dan sederhana. Anda bisa mengawalinya dengan menjadi seorang broker atau agen properti. Menjadi broker ini memang hanya mendapatkan keuntungan yang tidak seberapa. Tapi bukankah setiap kesuksesan selalu diawali langkah kecil?

Mulai menjadi developer dalam skala kecil 4-6 unit rumah. Bahkan 1 rumah pun bisa menjadikan dan menghantarkan Anda menjadi developer nomor wahid.

Ingat, hanya satu unit rumah, namun mewujudkan impian besar janganlah berhenti hanya 1 rumah. Fokus dan eksistensi yang kontinyu misalkan membidik perumahan kecil, Anda tidak akan berhubungan dengan birokrasi yang rumit. Biasanya di atas 4 kavling, Anda sudah wajib mengurus perijinan dari fatwa lahan hingga lokasi perijinan. Untuk yang dibawah 4 kavling cukup hanya mengurus IMB. Ini akan menekan jumlah modal yang mesti kita lakukan.

Untuk urusan dan atau modal tidaklah selalu besar. Syukur-syukur Anda sudah memiliki tanah kavling yang siap bangun. Tinggal buka surat kabar, cari tanah yang akan dijual pemiliknya, telepon mereka dan sampaikan maksud Anda.

Bangun properti pakai uang siapa? Gampang. Apabila tanah sudah dikuasai, Anda tinggal pasarkan berikut dengan desain rumahnya. Tetapkan uang muka sebesar 30% dari harga jual. Itu sudah mencakup modal bangun rumah. Modal besar tentu punya resiko yang besar, dan sebaliknya modal yang kecil mempunyai resiko yang juga kecil. Tinggal kita mau pilih yang mana.

Atau bila Anda mempunyai modal yang memadai Anda bisa memulai bisnis properti dengan mengikuti tips lain berikut ini:

1. Kerjasama dengan agen properti, teman dan relasi untuk mendapatkan informasi rumah yang akan dijual.
2. Mencari properti yang sudah digunakan sebelumnya tetapi masih memiliki kondisi yang bagus.
3. Usahakan mencari lokasi properti yang bagus dan mempunyai pertumbuhan atau pengembangan ke depan
4. Mencari properti yang memiliki arus kas dan di bawah harga pasar yakni properti yang di dalamnya ada bisnis seperti rumah sewaan, kos-kosan yang sedang berjalan dan sudah ada penyewanya, rumah yang ada bisnisnya seperti toko, warnet, atau laundry dll.

Usahakan lokasi tidak jauh dari saran-sarana umum. Kawasan yang dekat dengan pusat kota memang bagus, tapi perhatikan juga pertumbuhan kotanya ke depan. Jangan sampai daerah pinggiran kota yang menjadi lokasi properti kita malahan tak akan dikembangkan oleh pemerintah.

Perhatikan juga masyarakat sekitar, orang-orang seperti apa yang tinggal di daerah tersebut. Seleksi juga orang-orang yang bermaksud menyewa properti milik Anda, jangan terima sembarang orang.

Untuk menangkap peluang bisnis properti memang butuh banyak persiapan dan pertimbangan, maka persiapkan segala sesuatunya dengan baik dari segi mental, dana maupun prediksi akan segala resiko yang bisa terjadi. Hati-hatilah terhadap area yang mempunyai sentimen negatif seperti bandara, terminal yang selalu padat. Bahkan, jalan raya antar kota yang setiap harinya sangat sibuk dapat jadi masalah. Kawasan seperti itu hendaknya dihindari.

Demikianlah sekilas mengenai peluang bisnis properti. Semoga bermanfaat.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!