5 Jenis Usaha Sampingan untuk Karyawan

Semakin tingginya kebutuhan hidup sekarang ini, menjadikan banyak dari kita membutuhkan tambahan pendapatan. Karenanya, memiliki usaha sampingan dengan melakukan pekerjaan di luar jam kerja utama sering kali menjadi pilihan yang diambil.

Namun sebagai karyawan yang memiliki jam kerja nine-to-five, hal ini sulit untuk dilakukan.

Pilihan yang kemudian tersedia adalah membuat usaha sampingan yang tidak mengganggu jam kerja. Berikut beberapa pilihan usaha sampingan tersebut:

1. Membuat Katering Rumahan
Jika istri Anda adalah ibu rumah tangga yang menyukai kuliner, usaha rumahan ini dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Anda dapat bekerja sama dengan istri Anda dalam mengelolanya.

Anda mengerjakan bagian promosi produk, sedangkan istri Anda yang melakukan eksplorasi menu yang disukai oleh konsumen. Anda dapat membantu istri dengan membeli bahan-bahan yang dibutuhkan untuk katering, selepas pulang kantor. Usahakan untuk mendapatkan penjual langganan untuk mendapatkan harga yang “ramah” dan kemudahan untuk mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Untuk promosi usaha katering ini, Anda dapat melakukannya dengan menawarkan langsung ke rekan kerja Anda atau mengiklankannya lewat akun media sosial Anda. Anda juga dapat menebar brosur ke berbagai tempat atau membuat spanduk (banner) untuk diletakkan di pagar rumah sebagai alat promosi.

Jangan lupa untuk selalu memperbarui menu katering sehari sebelumnya ke rekan kerja atau konsumen Anda via bbm, WhatsApp atau akun FB Anda. Sering memperbarui menu katering akan membuat orang tertarik untuk mencoba katering Anda. Begitu mereka mencoba, mintalah masukan dari mereka dan aplikasikan itu untuk pengembangan usaha Anda.

2. Membuat Toko Online
Bisnis ini merupakan bisnis modal kecil yang banyak dilakukan oleh wanita yang bekerja. Cukup keluarkan modal 3-5 juta untuk membeli produk. Foto produk tersebut, lalu unggah ke akun media sosial. Anda bahkan dapat memanfaatkan situs khusus jual-beli seperti Bukalapak dan Tokopedia untuk mempromosikan produk Anda.

Produk yang Anda pilih hendaknya produk yang memang Anda sukai dan miliki informasi terhadapnya. Sehingga ketika calon konsumen bertanya tentang produk tersebut, Anda dapat memberikan informasi yang memuaskan.

3. Berjualan Pulsa Elektrik dan Token Listrik
Pulsa merupakan benda yang dibutuhkan oleh semua orang saat ini. Sering kali saat butuh untuk berkomunikasi, pulsa tidak mencukupi atau kartu berada dalam masa tenggang, sehingga harus langsung diisi pulsa. Keadaan ini dapat menjadi peluang usaha untuk Anda.

Untuk memulai usaha sampingan ini, Anda dapat memulainya dengan deposit Rp100 ribu. Namun jika Anda tidak ingin terlalu cepat kehabisan deposit pulsa, lebih baik Anda memulai deposit dengan Rp1 juta rupiah.

4. Menjadi Penulis Lepas
Menjadi penulis lepas merupakan salah satu alternatif untuk usaha sampingan.

Yang Anda perlukan adalah membuat beberapa contoh tulisan. Lebih bagus lagi jika Anda memiliki blog. Anda dapat mengunduh tulisan Anda le akun media sosial sekaligus mengirimkan tautan dari tulisan itu sehingga menarik orang untuk mengunjungi blog Anda. Jangan lupa untuk bergabung dengan komunitas penulis dan blogger yang banyak terdapat di Facebook atau akun media sosial lainnya. Komunitas itu banyak memberikan info tentang peluang usaha terkait kegiatan kepenulisan.

5. Menjual Sarapan untuk Rekan Kerja
Berangkat kerja dari rumah pada pagi hari membuat banyak orang tidak sempat untuk sarapan. Hal ini dapat menjadi peluang usaha untuk Anda. Anda dapat membeli 2 atau 3 bungkus nasi uduk atau jenis sarapan lainnya untuk ditawarkan pada rekan kerja.

Tanyakan juga pada mereka siapa yang ingin menitip untuk membeli sarapan pagi. Tentunya harga yang mereka bayarkan adalah harga beli Anda plus sedikit keuntungan. Lakukan hal ini secara rutin. Jika orang-orang mengetahui Anda menyediakan sarapan secara rutin, mereka akan datang dengan sendirinya pada Anda saat membutuhkan sarapan.

Ide-ide usaha sampingan di atas terkesan sederhana dan mungkin menimbulkan sikap skeptis; apa iya hal yang begitu sederhana dapat membantu keuangan keluarga dengan signifikan.

Jangan pernah lupa; hal-hal yang besar berawal dari hal-hal kecil. Usaha sampingan yang serius Anda jalankan akan dapat menjadi bisnis sampingan dengan nilai yang tidak kecil dan tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda. Selamat mencoba.

Artikel ini merupakan kontribusi guest blogger bernama Obed dari CustomBagus.com

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!