Cara Membuat Blog dengan WordPress Itu Gampang dan Gak Bikin Kantong Bolong

Beragam tujuan orang membuat blog, dari mulai tujuan bisnis, menampilkan informasi, hingga menjadikannya tempat berbagi konten-konten digital. Saat ini, blog merupakan media yang tepat untuk mempromosikan dan menjual produk Anda maupun membagikan beragan informasi dan konten-konten yang bermanfaat. Lalu, bagaimana cara membuat blog? Apakah sulit dan berapa biaya yang harus dikeluarkan?

Membuat Blog Itu Mudah dan Murah
Dengan semakin berkembangnya teknologi berbasis web, membuat blog menjadi pekerjaan yang semakin mudah. Adalah eksistensi dan perkembangan platform web/blog yang membuat pembuatan dan manajemen blog semakin menjadi mudah. Platform web adalah program untuk membuat web. Anda dapat menggunakan beragam platform web yang sudah menggunakan content management system atau CMS.

CMS membuat Anda dapat melakukan beragam pengaturan pada blog yang Anda buat. Pada intinya CMS membuat pekerjaan Anda (blogging) menjadi lebih mudah. WordPress (WP) merupakan platform web yang paling populer dan memiliki reputasi dan review yang baik. Selain WP, platform web lain yang populer adalah Joomla dan Drupal. Bagaimana dengan biaya yang harus dikeluarkan?

Biaya yang dikeluarkan bergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membuat blog dengan biaya gratis, Anda bisa menggunakan domain blogspot. Biaya yang Anda keluarkan terbagi ke dalam beragam produk dan jasa. Pemilihan web hosting dan domain merupakan biaya yang harus Anda persiapkan sejak awal. Biaya yang bisa Anda keluarkan untuk urusan desain dan teknis akan berfokus pada pembelian themes, plugins, dan tools.

Langkah-Langkah untuk Membuat Blog dengan WordPress
Kenapa WordPress dan bukan yang lain? Alasannya sederhana WP adalah platform web yang paling mudah digunakan. Selain mudah digunakan (user-friendly), WP juga lebih mudah dideteksi Google. Alasan lainnya adalah ketersediaan theme dan plugin gratis. Sudah gratis, bervariasi dan banyak pula. Bagi Anda yang pemula, plugin dan theme gratis akan sangat membantu pengembangan blog Anda.

Membuat blog dengan WP bukan hanya mengatur tema serta desain dan mempublikasikan konten. Terdapat beberapa proses lain yang sangat tidak boleh dilewatkan. Berikut adalah cara membuat blog dengan WordPress.

1. Memilih Web Hosting
Apa sebenarnya web hosting itu? Seberapa pentingkah web hosting itu? Web hosting adalah ‘tempat’ di mana Anda akan menyimpan beragam data (konten) blog Anda. Web hosting mengatur transportasi data blog Anda.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Saat ini, terdapat banyak web hosting, dari mulai yang murah hingga yang mahal. Umumnya, terdapat 3 jenis web hosting yang banyak digunakan, ke-3 jenis web hosting tersebut adalah shared, cloud, dan VPS hosting. Dari ke-3 jenis web hosting tersebut, mana yang cocok untuk Anda?

Jika Anda blog Anda berisi beragam konten yang tidak membutuhkan akses data yang cepat dan banyak, maka Anda direkomendasikan untuk memilih shared hosting. Jika blog Anda dibuat untuk tujuan bisnis, direkomendasikan memilih cloud hosting. VPS hosting tidak begitu direkomendasikan bagi pemula dan mereka yang tidak menyukai beragam pengaturan tingkat lanjut.

2. Memilih Domain
Langkah selanjutnya adalah memilih domain. Jika web hosting adalah tempatnya (blog), maka domain adalah alamatnya. Bagaimana bisa Anda ditemukan di internet jika tidak memiliki alamat.

Beberapa domain, diantaranya .com, .id, dan .xyz. Anda tidak bisa sembarangan dan sebebasnya dalam memilih alamat. Setiap domain memiliki harga yang berbeda. Perbedaan tersebut amat bergantung pada kualitas domain.

3. Menginstal WordPress dan Membuat Blog
Inilah langkah terakhir dan langkah yang paling ditunggu-tunggu dari rangkaian cara membuat blog dengan WordPress. Download dan install WP. Tidak ada hal sulit dalam proses instalasi WP. Anda bisa melihat cara install wordpress di sini. Anda bisa melakukan konfigurasi atau pengaturan ketika instalasi dilakukan atau setelahnya. Jika sudah selesai, segera cek 4 hal penting berikut ini.

a. Dashboard
Dashboard adalah semacam homepage dari WP. Di sana Anda dapat mengakses beragam fitur yang tersedia sekaligus melakukan pengaturan umum.

b. Appearance
Sudah tidak sabar untuk mendesain blog? Segera klik menu ini dan pilih theme blog Anda. Terdapat beragam theme yang bisa dipilih, dari yang gratis hingga yang berbayar (premium).

c. Plugin
Jika Anda hendak mencari semacam program yang bisa meningkatkan blog Anda, maka Anda harus memilih plugin yang tepat. Pada menu tersebut, Anda akan disuguhkan beragam plugin dengan beragam kegunaan. Silakan pilih plugin mana yang menurut Anda paling dibutuhkan.

d. Pages dan Post
Jika Anda sudah bersiap untuk melakukan pengaturan dan publikasi konten, segera klik menu pages dan post. Menu pages berisi pengaturan halaman pada blog Anda, sementara menu posts berisi pengaturan konten yang akan Anda publikasikan.

Bagaimana, tidak sulit bukan membuat blog dengan WordPress? Biaya yang Anda keluarkan biasanya diprioritaskan pada hosting dan domain. Jika blog Anda semakin berkembang, maka Anda tentu membutuhkan fasilitas teknis yang jauh lebih baik. Semakin baik, maka kemungkinan semakin besar biaya yang dikeluarkan. Jika Anda seorang pemula dan baru pertama kali, biaya besar tidak diperlukan.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!