Hati-Hati dalam Menerapkan Strategi Flywheel Pada Bisnis

Artikel ini merupakan kontribusi dari guest blogger Adi Nugroho yang memiliki blog bagus tentang manajemen bisnis.

Pada umumnya dalam menerapkan strategi flywheel pada bisnis memang memerlukan waktu lama. Pada awalnya, model strategi flywheel ini mulai diperkenalkan pada tahun 2018. Sejak saat itu kehadiran flywheel marketing diharapkan menjadi solusi terbaik saat ini.

Pada dasarnya ada banyak perusahaan yang ingin bertahan dalam menyajikan beragam hal terbaik. Terutama kepada konsumennya agar bisa menghadapi berbagai persaingan global. Untuk penjelasannya bisa disimak di bawah ini:

Mengenal Flywheel

Flywheel merupakan salah satu gaya pemasaran modern yang umumnya berasal dari menerapkan konsep ilmu fisika yang bernama flywheel effect. Kehadiran flywheel effect ini bisa dinamakan sebagai sebuah roda yang bisa digunakan untuk meredam perubahan kecepatan putaran.

Dalam menerapkan strategi flywheel pada bisnis tentu harus melihat dari cara memanfaatkan kelembanan putaran. Sebab karena hal itu, roda gila bisa mengumpulkan serta menyimpan energi mekanik dalam waktu singkat.

Bahkan karena energi yang lebih besar tersebut bisa menghemat waktu lebih cepat dalam momen apapun. Efek dari flywheel ini merupakan strategi pemasaran yang tepat untuk digunakan. Agar bisa mengumpulkan energi dan melepaskannya ini merupakan salah satu peranan penting di dalam efek flywheel ini.

Ada banyak sekali cara menerapkan strategi flywheel pada bisnis, salah satunya dengan bergerak ke dalam poros sesuai dengan energi yang dikumpulkan. Dalam mengoptimalkan energi mekanik pada dasarnya dibagi menjadi tiga.

Ada force atau gaya, gesekan atau friction dan berat atau weight. Semakin besar gaya dan berat yang didaparkan serta semakin kecil saja gesekannya. Maka semakin besar energinya, hal ini bisa disebut dengan efek flywheel.

Konsep Flywheel Marketing

Setelah memahami tentang flywheel, selanjutnya adalah anda harus memahami seperti apa konsep flywheel marketing. Pada dasarnya dalam menerapkan strategi flywheel pada bisnis ini bisa menggunakan flywheel effect.

Biasanya konsep flywheel marketing ini mulai dijalankan oleh perusahaan besar. Tetapi ada pula beberapa perusahaan skala sedang, kecil dan mikro. Dalam melakukan penerapan, anda harus memperhatikan titik fokus flywheel dan memiliki acuannya yaitu customer experience.

Customer experience atau pengalaman pelanggan merupakan hal yang harus diperharikan. Sebab modal perusahaan bisa balik kepada anda hanya dengan mengandalkan pengalaman pelanggan. Bahkan hal ini bisa dilakukan sebagai upaya dasar penguatan perusahaan agar bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Banyak yang mengatakan dalam menerapkan strategi flywheel pada bisnis bisa dilakukan dengan customer service. Hal ini merupakan salah satu bagian terpenting dalam melakukan proses pengembalian keputusan pengembalian.

Kehadiran customer experience ini tentu memiliki niat yang kuat dan positif sehingga perusahaan bisa melayani konsumen dengan tepat dan secara menyeluruh. Hal ini bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan suatu loyalitas pelanggan.

Agar bisa meningkatkan customer experience lebih baik ke depannya, anda bisa mencoba dengan 3 komponen. Dalam meningkatkan serta menerapkan strategi flywheel pada bisnis tentu bisa dimulai dengan komponen pertama yaitu force atau gaya.

Gaya bisa dilakukan dari sistem perputaran roda yang bisa ditingkatkan dengan cara memperkuat kemampuan hingga kapasitas perusahaan. Lalu ada komponen kedua yaitu weight atau berat bisa ditingkatkan dengan cara memperbanyak jumlah pelanggan dan calon konsumen sasaran.

Lalu ada yang ketiga dengan mencoba gesekan atau friction. Pada umumnya caranya dengan meminimalisasi kelemahan, mengurangi kompetitor hingga mengurangi keterbatasan sumber daya. Dengan melakukan perencanaan dan usaha yang baik maka perusahaan bisa menghasilkan produk yang unggul.

Dan kehadiran energi perusahaan akan semakin besar dengan menjalankan beberapa konsep tersebut. Hal ini juga semakin diperbesar dengan kehadiran customer experience dan anda bisa merasakan produk serta layanan yang berkualitas.

Jika hal ini selalu dilakukan oleh perusahaan secara rutin, tentu perusahaan tidak perlu khawatir. Melainkan perusahaan akan mengalami kemajuan dan mampu bertahan di tengah-tengah persaingan. Dengan adanya perputaran roda yang kuat perusahaan bisa bertahan dalam berbagai situasi.

Faktor-Faktornya

Ada beberapa faktor yang menyebabkan flywheel marketing bisa menjadi salah satu terobosan baru dalam melakukan strategi pemasaran. Salah satu konsepnya bisa dengan melayani pelanggan secara totalitas.

Terdiri dari menempatkan customer experience sebagai porosnya, mengusung 3 kemampuan, memiliki perencanaan yang kompleks. Dilanjutkan dengan menggunakan sistem yang dinamis, menggerakan strategi pemasaran yang berkelanjutan.

Pada faktor pertama yaitu menempatkan customer experience sebagai porosnya. Pelanggan merupakan hal penting yang berpengaruh besar dalam kehidupan perusahaan. Jika pelanggan selalu melakukan pembelian secara berulang-ulang tentu hal ini akan berdampak positif kepada perusahaan.

Kehadiran strategi flywheel marketing bisa berdampak baik karena perusahaan harus memahami beragam perilaku konsumennya. Riset ini dilakukan untuk mengetahui sudah sampai mana kebutuhan pelanggan hingga saat ini.

Bahkan perusahaan sudah bisa mengetahui seperti apa respon pelanggan terhadap produk. Lalu dilanjutkan dengan memikirkan apa hal yang menarik minat pelanggan dalam melakukan pembelian produk perusahaan.

Kedua, bisa dimulai dengan mengusung 3 komponen yaitu force, friction dan weight. Kehadiran force dimaksudkan agar operasional perusahaan bisa memiliki kapasitas yang kuat. Sedangkan friction hadir dan harus diminimalisir hingga batas wajar agar perputaran kegiatan bisa menjadi lebih besar.

Dalam menerapkan strategi flywheel pada bisnis memang bisa dilakukan dalam berbagai cara. Terutama bagi anda yang ingin menjalankan bisnis di tengah-tengah persaingan global. Beberapa hal ini bisa anda manfaatkan dengan baik. Semoga informasi tentang menerapkan strategi flywheel di sebuah bisnis bisa berguna bagi para perusahaan lokal maupun mancanegara.