Ide Bisnis – Bagaimana Memulai Usaha Cuci Mobil?

Dalam memulai usaha cuci mobil, anda bisa memilih berbagai skala ukuran usaha tergantung anggaran anda, baik itu usah cuci mobil kecil-kecilan (yang sekali waktu hanya bisa menerima satu atau dua buah mobil pelanggan) maupun yang besar dengan menggunakan mesin pencucian otomatis.

Jenis usaha ini sekarang memiliki peluang yang besar karena meningkatnya jumlah pemilik mobil pribadi, sehingga ada cukup banyak calon pelanggan yang bisa jadi tertarik untuk mencucikan mobilnya di tempat anda.

Tergantung lokasinya, anda bahkan bisa saja membuka tempat pencucian mobil tersebut di depan rumah anda sendiri.

Ketika anda memulai usaha cuci mobil, yang paling penting tentu adalah membeli peralatannya. Peralatan cuci mobil ini bisa beragam; untuk yang membuka usaha cuci mobil kecil-kecilan di rumah dimana pelanggannya tidak terlalu banyak, anda bisa menggunakan alat-alat biasa seperti selang air, sabun, ember, sikat dan lap.

Akan tetapi, pada umumnya, usaha cuci mobil menggunakan alat pencuci dengan kompresor atau steam wash.

Ada pula yang menggunakan alat cuci yang memang khusus untuk mobil, dengan daya minimal 600 watt. Untuk yang terakhir ini, anda harus ingat untuk membuat lokasi usaha pencucian mobil anda lebih rendah daripada bak penampung air yang menjadi sumber air untuk mencuci, agar tekanan airnya bisa lebih kencang.

Akan tetapi, tentunya ada hal-hal lain yang harus anda perhatikan selain menyediakan alat cuci mobil.

Ingin memulai usaha cuci mobil sendiri? Berikut adalah beberapa ide lain yang bisa anda terapkan.

• Cari lokasi strategis dimana konsumen bisa mendapat ide untuk menghabiskan waktu selama mereka menunggu, misalnya di dekat warung makan, minimarket, kios majalah atau pusat perbelanjaan.

Atau, anda bisa juga membuka tempat cuci mobil di sebelah tempat usaha yang juga berhubungan dengan mobil seperti pom bensin dan bengkel; hal ini bisa membuat pelanggan mendapat ‘ide’ untuk mencuci mobilnya.

• Punya modal lebih? Cobalah membuka kios makanan kecil-kecilan yang menjual berbagai makanan ringan atau minuman. Kalaupun pelanggan yang menunggu mobilnya dicuci hanya bisa duduk di tempat anda, setidaknya mereka bisa mengisi waktu dengan makan dan minum. Anda pun bisa mendapat penghasilan tambahan.

• Kombinasikan usaha jasa pencucian mobil anda dengan layanan sejenis lain, misalnya usaha cuci motor dan helm.

Anda tidak perlu menjadikan semuanya sebagai layanan utama jika tidak ingin kerepotan; misalnya, anda bisa menyediakan tempat untuk mencuci dua mobil sekaligus, sementara untuk motor hanya satu. Pastikan anda menekankan bahwa usaha anda memang hanya ditujukan untuk pencucian mobil, sementara motor hanya sampingan.

• Saat hendak memulai usaha cuci mobil, anda bisa membuat iklan berupa brosur yang menyatakan bahwa anda memberikan layanan khusus (misalnya diskon spesial) hingga sampai tanggal tertentu setelah pembukaan perdana.

Anda juga bisa menerapkan sistem yang bisa menarik pelanggan setia, misalnya kupon bonus satu kali cuci gratis untuk pelanggan yang mencuci mobilnya sekian kali dalam jangka waktu enam bulan atau setahun.

Saat memulai usaha cuci mobil, jangan lupa untuk menyeimbangkan ide-ide kreatif tersebut dengan layanan yang baik.

Pelajari trik-trik pencucian mobil dan motor serta pastikan anda hanya menggunakan air yang bersih agar tidak menimbulkan masalah jangka panjang seperti penumpukan kotoran di bodi mesin.

Jagalah kepercayaan pelanggan dengan cara selalu bersikap jujur dan tidak mengambil sesuatu yang bukan milik anda saat membersihkan bagian dalam mobil.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!