Ingin Meraih Sukses? Miliki Pola Pikir Berikut Ini!

Kisah-kisah pengusaha sukses seperti Ray Kroc dan Bob Sadino semuanya didasari oleh satu kesamaan; mereka tidak sekedar jago mengelola uang, namun juga memiliki pola pikir alias mindset yang mendukung kesuksesan menjadi pengusaha.

Mindset untuk menjadi wirausaha sukses, pengusaha mumpuni atau pelaku bisnis yang berhasil adalah yang membedakan antara mereka yang sukses dengan mereka yang gagal walaupun sama-sama memulai dari bawah.

Anda mungkin pernah melihatnya di sekitar anda; baik itu warung kecil yang perlahan berkembang menjadi restoran besar yang tetap buka setelah lebih dari dua dekade, ataupun usaha waralaba yang nampak modern namun ternyata tidak bertahan sampai setahun.

Hal-hal yang memengaruhi kesuksesan atau kegagalan tempat-tempat usaha tersebut bisa jadi bukan hanya soal uang, namun juga pola pikir si pemilik usaha dalam menjalankan usahanya.

Inilah mindset untuk menjadi wirausaha sukses yang bisa anda terapkan jika anda juga ingin mengikuti jejak para pengusaha sukses yang memulai dari bawah:

Memiliki Visi dan Misi yang Jelas
Membuat visi dan misi ternyata bukan hanya urusan perusahaan yang sudah mapan, namun juga merupakan rahasia kesuksesan seorang pengusaha. Visi berarti tujuan ‘besar’ si pengusaha ketika memulai bisnisnya, sedangkan misi berarti metode yang ditempuh untuk mencapainya.

Walau hanya secara garis besar, menentukan visi dan misi sejak awal akan membantu seorang pengusaha untuk menentukan arah bisnisnya serta strategi yang harus dilakukan dalam pengembangannya.

Giat, Namun Tahu Kapan Harus Realistis
Memiliki ambisi dan berusaha mewujudkannya merupakan hal yang harus dilakukan semua pengusaha sukses. Namun, mindset untuk menjadi wirausaha sukses ternyata adalah tahu kapan harus bersikap realistis di tengah-tengah usaha mengejar ambisi anda.

Misalnya, ketika anda baru membuka usaha rumah makan, jangan terlalu memaksakan diri untuk, misalnya, membuat banyak sekali menu atau memaksa membuka cabang baru padahal prospeknya belum jelas terlihat. Hal ini justru akan membuat anda cepat bangkrut, bukannya makin mendekati kesuksesan.

Mau Mendengarkan dan Belajar
Banyak pengusaha dan wirausaha sukses yang tidak memiliki latar belakang bisnis bahkan tidak pernah mencicipi bangku kuliah. Akan tetapi, persamaan mereka yang sukses adalah mereka semua mau belajar dan mendengarkan nasihat serta saran dari yang sudah berpengalaman. Proses belajar tidak berhenti hingga di bangku sekolah; akan lebih baik jika anda melengkapi wawasan anda tentang bisnis dengan yang sudah mengalaminya.

Berani Mengambil Resiko
Berani mengambil resiko merupakan salah satu poin utama dalam mindset untuk menjadi wirausaha sukses.

Jika anda menyimak kisah-kisah pengusaha sukses, anda pasti akan melihat bahwa mereka semua pasti mengambil suatu keputusan yang beresiko sebagai titik balik mereka; ada yang berhenti dari pekerjaan dengan gaji bulanan untuk berkonsentrasi mengurus bisnis, ada yang memutuskan untuk meminjam sejumlah besar uang dari bank, ada yang menjual barang berharga, ada yang bereksperimen berkali-kali bahkan sempat gagal, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, anda pun harus ingat bahwa mengambil resiko bukan berarti anda tidak melakukan perhitungan. Setiap pengambilan keputusan yang penuh resiko harus selalu disertai dengan suatu pertimbangan matang.

Anda siap untuk membuka usaha sendiri? Jangan lupa untuk menyiapkan modal yang diperlukan, belajar dengan giat dan miliki semua mindset untuk menjadi wirausaha sukses seperti yang dijabarkan di atas. Dijamin anda akan memeroleh kemudahan dalam proses mencapai kesuksesan usaha anda.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!