Inilah 6 Manfaat Blog Bagi Bisnis di Masa Pandemi dan Resesi

Tak ada yang bisa memungkiri kalau pandemi Covid-19 membuat banyak orang harus mengubah strategi dalam berbisnis. Lantaran pembatasan kegiatan sosial, kini berbagai bisnis merambah online dalam melakukan transaksi. Hal inilah yang membuat Anda wajib tahu betapa besarnya manfaat blog bagi bisnis.

Blog atau website bahkan memiliki peran yang cukup vital dalam sebuah bisnis. Kebiasaan masyarakat yang makin tak bisa lepas dari smartphone, menjadikan internet sebagai lahan pasar yang sangat potensial. Agar bisa berjualan di dunia maya, blog pun akhirnya diperlukan dalam sebuah bisnis masa kini.

Apalagi selain pandemi, kini Indonesia juga resmi memasuki masa resesi ekonomi sejak November 2020, menjadikan setiap pebisnis haruslah inovatif dalam kondisi keuangan sulit. Supaya bisnis tetap berjalan dan cash flow lancar, Anda harus membangun blog yang berkualitas agar benar-benar merasakan manfaatnya.

Inilah Manfaat Blog Bagi Bisnis yang Wajib Diketahui

Termasuk yang masih meragukan manfaat blog bagi bisnis? Maka ada baiknya Anda mengikuti penjelasan berikut ini. Dengan begitu, Anda akan yakin kalau sebuah bisnis yang sukses di masa kini, dipengaruhi betul oleh keberadaan blog alias website:

1.     Memperoleh Konsumen Potensial

Apakah Anda termasuk yang terganggu jika ada penjual yang begitu ngotot menawarkan produk? Tak masalah, karena itu memang dialami banyak orang sehingga membuat hard-selling sebagai teknik penjualan kuno. Konsumen masa kini lebih menyukai soft-selling yang biasanya dibalut dalam sebuah konten yang menarik.

Konten menarik inilah yang bisa dijadikan informasi utama dalam sebuah blog. Misalkan saja Anda berjualan produk sambel olahan, maka bisa mengisi konten berupa nutrisi pada cabe, resep cara membuat sambel teri dan lain-lain, kemudian singgung sedikit soal produk sambel Anda secara soft-selling.

Cara seperti ini yang cuma bisa ditampilkan dalam artikel-artikel di blog, justru akan membuat konsume lebih menikmati dan tertarik. Anda bahkan bisa menemukan konsumen-konsumen yang potensial secara mudah.

2.     Efisiensi Biaya dan Waktu

Nah, inilah manfaat blog bagi bisnis yang utama yakni efisiensi biaya serta waktu. Dengan blog, Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk membangun outlet di pinggir jalan, bahkan memasang banner promo yang bakal sia-sia saja. Tak perlu juga menunggu waktu renovasi outlet sampai bisa ditempati yang membuat pengenalan produk tertunda.

Dengan sebuah blog bisnis yang dikelola profesional, Anda bisa langsung mengenalkan produk baru dengan mengunggah informasinya baik dalam bentuk artikel atau video. Anda pun bisa melakukan promosi ke berbagai media sosial yang bakal ditautkan ke blog bisnis Anda secara langsung, sehingga tak ribet, tak buang-buang waktu dan biaya.

3.     Dikenali Mesin Pencari

Rasa-rasanya saat ini semua orang yang ingin mendapat informasi secara meyakinkan pasti akan menuju mesin pencari internet, seperti Google. Hasil yang ditampilkan Google terutama daftar teratas tentu bakal yang banyak dipilih. Untuk bisa dipilih ini, Anda tentu harus mempunyai blog bisnis.

Pastikan Anda sudah belajar SEO, agar blog bisnis yang dikelola sudah memenuhi standar SEO yang dibutuhkan Google dengan melengkapi strukturnya seperti kata kunci. Dengan begitu, saat pengguna internet mencari produk fashion muslim misalnya, blog Anda akan muncul di daftar teratas sehingga bisnis Anda mudah dikenali secara mudah.

4.     Meningkatkan Konsumen Loyal

Manfaat blog bagi bisnis berikutnya adalah bisa membuat Anda memperoleh konsumen loyal lebih baik. Melalui blog, Anda bisa memberikan informasi terkini soal produk bahkan bisnis. Jika perlu, Anda bisa meminta pelanggan mengisi data pribadi mereka termasuk email, untuk memudahkan urusan korespondensi.

5.     Branding Positif ke Bisnis

Sebuah bisnis yang telah memiliki blog atau website pribadi, tentuk akan dianggap lebih profesional dan modern. Hal inilah yang menjadi bisnis dengan blog resmi akan dianggap lebih positif, sehingga merupakan branding yang baik. Dibandingkan dengan bisnis yang cuma memiliki media sosial atau bahkan outlet offline, bisnis dengan blog lebih baik.

6.     Investasi Jangka Panjang

Dan inilah manfaat blog bagi bisnis yang terakhir yakni sebuah investasi jangka panjang. Seperti yang diketahui, zaman akan semakin serba internet. Sehingga jika membangun blog saat ini, maka dalam waktu tiga tahun saja, Anda sudah mempunyai berbagai konten yang tentunya akan bermanfaat bagi bisnis ke depannya.

Jangan Ragu, Yuk Bikin Blog Sekarang!

Tentunya dengan berbagai manfaat blog bagi bisnis di atas, Anda sudah sadar bahwa ini adalah saat yang tepat untuk mempelajari cara membuat blog. Tidak perlu cemas, Anda bisa memahaminya dengan mudah, memilih platform yang tepat entah WordPress atau Blogspot (Blogger) sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Jangan lupa untuk senantiasa memberikan konten yang berkualitas dan penerapan soft-selling yang tepat. Dengan begitu, blog bisnis Anda bakal dicari dan tak pernah salah dalam menemukan konsumen. Semangat!