Kiat Sukses Usaha Budidaya Jamur

Jika anda penggemar masakan dari jamur, apakah anda juga berminat untuk membuka usaha budidaya jamur tersebut selain hanya sebagai konsumen saja? Banyaknya peminat makanan dari bahan jamur ini terutama jamur tiram mengakibatkan persediaan jamur juga semakin menipis.

Padahal jika dilihat pangsa pasarnya produksi jamur ini masih sedikit karena hanya beberapa orang yang mau menjalankan usaha budi daya jamur.

Jamur bukan hanya dikonsumsi oleh masyarakat lokal namun permintaan ekspor juga banyak yang datang dari negara tetangga. Mengingat produksi jamur masih sedikit inilah anda bisa berpeluang membuka usaha budidaya jamur yang semakin hari semakin diminati orang.

Tingginya permintaan akan jamur di masyarakat membuat banyak orang ingin menekuni usaha budidaya jamur ini. Jamur bukan hanya enak dimakan namun kandungan pada jamur seperti kalium dan mineralnya bisa dijadikan obat tekanan darah tinggi dan stroke. Jamur juga mengandung proten tinggi, vitamin dan mineral.

Selain untuk mengobati darah tinggi jamur terutama jamur titram juga bisa untuk mengatasi penyakit lever, diabetes, dan kanker. Selain itu jamur tiram juga bisa digunakan untuk diet dan melancarkan pencernaan. Begitu pentingnya manfaat jamur sehingga banyak orang ingin mengkonsumsinya.

Dari permintaan banyak orang tersebut anda bisa membuka usaha budidaya jamur yang prospeknya sangat menggiurkan.

Meskipun usaha budidaya jamur ini banyak diminati orang dan banyak orang yang telah sukses menjalankan bisnis ini, namun bukan berarti anda tidak memiliki kesempatan untuk mengikuti jejak sukses mereka.

Banyaknya permintaan jamur baik konsumsi dalam negeri maupun luar negeri inilah yang menjadi pintu bagi kesuksesan anda.

Untuk memulai usaha budidaya jamur ini, langkah-langkah yang harus anda perhatikan diantaranya:

• Modal
Lagi-lagi kalau membahas usaha atau bisnis hal yang dilihat adalah modal. Usaha budidaya jamur juga memerlukan modal untuk menyediakan bibit jamur, lahan, dan peralatan untuk budidayanya.

Dari modal sedikit anda juga bisa membudidayakan jamur namun budidaya ini hanya kecil-kecilan saja. Dengan modal yang cukup anda bisa membeli peralatan dan segala hal yang diperlukan untuk budidaya jamur.

• Lokasi
Lokasi yang strategis untuk budidaya jamur juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Bila anda memiliki lokasi yang kurang strategis untuk usaha budidaya jamur, mau tidak mau anda harus menyewa lokasi yang cocok untuk budidaya jamur tersebut.

• Target penjualan
Meskipun anda memiliki modal yang cukup dan lokasi yang strategis, anda juga harus memikirkan target penjualan anda. Anda bisa menjual jamur produksi anda pada masyarakat setempat atau pasar dekat rumah anda. Bila pasaran tersebut kurang memungkinkan perkembangan usaha, anda bisa memperluas jaringan pemasaran anda pada beberapa daerah lain.

• Pembekalan diri
Bila anda masih nol dalam usaha budidaya jamur, anda bisa belajar dari beberapa orang yang telah sukses manjalankan usaha ini.

Pelajarilah apa yang harus anda pelajari untuk memulai budidaya jamur dan jangan malu untuk bertanya pada mereka. Bila perlu bekali pengetahuan anda dengan beberapa referensi buku atau pengetahuan tentang budidaya jamur.

• Mitra bisnis
Anda bisa bekerjasama dengan beberapa mitra bisnis untuk memasarkan jamur produksi anda. Usaha budidaya jamur yang anda kelola akan mudah berkembang bila anda memiliki mitra kerja yang baik.

• Pengelolaan keuangan
Bila usaha budidaya jamur anda telah sukses, pengelolaan keuangan yang baik akan membantu usaha anda. Dengan pengelolaan keuangan yang baik anda bisa mengetahui seberapa jauh kemajuan usaha anda.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!