Menilik Perjuangan Di Balik Kepopuleran KasKus Indonesia

Artikel ini merupakan kontribusi dari Alexandromeo – pengelola blog bagus MAKINRAJIN.com

Banyak orang tua memandang teknologi sebagai sesuatu yang sangat mengkhawatirkan. Ini terjadi karena banyak anak muda dan bahkan anak kecil kecanduan gadget, menghabiskan sebagian besar waktu mengutak-atik ponsel pintar mereka. Namun sebenarnya teknologi bisa menjadi sumber penghasilan bahkan sumber kesuksesan jika kita tahu bagaimana memanfaatkannya.

Ada banyak bukti bahwa bisnis online merupakan salah satu pilihan karir yang menjanjikan. Andrew Darwis contohnya. Anda tentu pernah mendengar mengenai kaskus.co.id, sebuah situs web yang sangat terkenal di Indonesia. Andrew Darwis adalah pahlawan yang mendirikan KasKus pada tanggal 6 November 1999, ketika Andrew baru berusia 20 tahun. Sungguh prestasi yang luar biasa bukan?

Petualangan Andrew Darwis dalam Membangun Forum Jual Beli Terkenal Se-Indonesia
Pria kelahiran 20 Juli tahun 1979 ini mengenyam pendidikan di Seattle University. Ketika menempuh pendidikan di luar negeri, Andrew mulai berkeinginan untuk mendirikan sebuah situs web dengan forum komunitas sebagai formatnya.

KasKus merupakan singkatan dari kata Kasak-Kusuk yang berarti bergosip. Percayakah anda bahwa Andrew memulai bisnis ini dengan modal sebesar Rp 30.000,- saja?

Modal awal tersebut Andrew gunakan untuk membeli sebuah server. Kemudian, bersama dengan Budi Dharmawan dan Ronald Stephanus, Andrew mulai membuat sebuah portal berisi informasi dan berita seputar Indonesia. Mereka bertujuan untuk menggunakan portal tersebut sebagai sebah sarana untuk memuaskan keingintahuan rakyat Indonesia yang tinggal di luar negeri.

Pada mulanya, sebelum mempekerjakan karyawan, Andrew harus menangani dan memperbaiki langsung server yang sedang eror. Untuk pemasaran, Andrew bersama tim harus memasarkan KasKus dari pintu ke lain pintu guna memperkenalkan KasKus. Upaya mereka mulai menampakkan hasil hanya dalam waktu satu tahun. Dalam waktu singkat sudah banyak klien besar yang mendukung KasKus.

Meskipun KasKus sudah lama berdiri sejak tahun 1999, KasKus baru diluncurkan pada bulan Desember tahun 2008. Hanya dua bulan setelah diluncurkan KasKus telah resmi menjadi sebuah perusahaan profesional yang bergerak di bawah PT. Darta Media Indonesia. Situs web KasKus memiliki berbagai macam konten. Tetapi yang paling disukai adalah Lounge dan Forum Jual Beli nya.

Sang Pahlawan Dibalik Suksesnya KasKus
Andrew pertama kali mengenal internet pada tahun 1990an. Pada tahun 1997 Andrew sudah memiliki situs web nya sendiri. Sebelum belajar di negara lain, Andrew sempat mendaftar ke Jurusan Teknik Informatika di Universitas Bina Nusantara. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengolah data berlokasi di Menteng menaruh perhatian pada keaktifan Andrew di internet dan menawarkan pekerjaan.

Pada tahun 1998 Andrew terpikat untuk ikut menuntut ilmu di Seattle bersama dengan teman-teman akrabnya. Pada bulan November 1999, Andrew mendapat tugas kuliah untuk belajar cara membuat website. Ketika teman-temannya mengisi situs web mereka dengan berbagai pengalaman pribadi, Andre memutuskan untuk membuat sebuah situs web dengan format komunitas.

Keputusan tersebut dibuat oleh Andrew setelah mendengar kabar bahwa masyarakat Indonesia sedang menggilai E-commerce. KasKus yang diciptakan oleh Andrew kemudian menjadi sebuah ajang berbagi yang digunakan oleh para mahasiswa Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat. Dengan dukungan dosen pengajarnya, Andrew memutuskan untuk mengembangkan KasKus.

Ronald, salah satu rekan Andrew, turut berperan dalam perkembangan KasKus. Ronald bertugas menerjemahkan berbagai artikel buatan Andrew ke Bahasa Inggris karena banyak juga mahasiswa asing yang mengakses KasKus. Budi, rekan Andrew yang lain, bertugas mengunggah berbagai foto yang diambil saat acara-acara mahasiswa diselenggarakan di Seattle.

Kerikil-Kerikil yang Menghadang Di Tengah Jalan
Bisnis online memang bisa sangat menjanjikan, tetapi bukan berarti tanpa halangan. Pada suatu titik ketika Andrew merasa bahwa pendapatan dari KasKus tidak cukup, Andrew harus mencari penghasilan lain. Berbagai pekerjaan dilakukannya, mulai dari pengiris tomat, kasir restoran cepat saji, tukang fotokopi, hingga penyalin lirik lagu. Kerikil lain yang harus Andrew singkirkan dating pada tahun 2000.

Kedua rekan terdekat Andrew, Ronald serta Budi, mengundurkan diri dari KasKus pada tahun 2000. Meskipun harus kehilangan orang-orang terpenting dalam bisnis online ini, Andrew tidak menyerah. Andrew mewujudkan keinginan kedua sahabatnya untuk mengembangkan situs web terkenal ini. Hasil apakah yang Andrew rasakan setelah berjerih lelah memberdayakan KasKus?

Saat ini, KasKus merupakan situs web yang berada di peringkat 25 di Indonesia. Andrew sendiri telah mengantongi beberapa pernghargaan seperti The Best Indonesian Communities for 2005 and 2006. Penghargaan lain yang diperolehnya adalah KasKus The Online Inspiring Award yang diberikan oleh Indosat pada tahun 2009.

Setelah bekerja keras bertahun-tahun, Andrew kini mempekerjakan lebih dari 30 karyawan. Karyawan-karyawan tersebut dibagi menjadi beberapa tim yang termasuk tim pemasaran, tim penjualan, tim IT, serta tim kreatif. Sampai saat ini, Andrew masih terobsesi untuk mengembangkan fasilitas yang terdapat di dalam situs web KasKus sehingga akan menarik perhatian pembeli dari luar negeri.

Artikel ini merupakan kontribusi dari Alexandromeo – pengelola blog bagus MAKINRAJIN.com

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!