Peluang Bisnis dengan Modal Kecil dan Cara Melakukannya

Peluang bisnis dengan modal kecil saat ini sangat banyak yang bisa dimanfaatkan. Artinya, kesempatan dalam membangun atau berwirausaha secara mandiri bisa dilakukan. Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh semua orang terutama mereka para sarjana muda.

Dibandingkan harus mencari pekerjaan ke sana sini, akan lebih baik jika berwirausaha. Selain wirausaha mandiri akan melatih jiwa kepemimpinan dan ekonominya, tentu saja ini juga membantu Negara dalam mengurangi jumlah pengangguran.

Semakin berkembangnya usaha yang dijalankan, semakin membutuhkan banyak tenaga kerja. Jadi, bagi para mahasiswa yang saat ini masih sangat kuliah sebaiknya mulai mengikuti pelatihan wirausaha yang biasa diselenggarakan. Sebagai pengetahuan akan wirausaha dan nanti bisa diterapkan ketika sudah lulus.

Namun, apabila sudah terlanjur lulus dan sampai saat ini belum juga mendapatkan panggilan kerja, peluang bisnis dengan modal kecil tetap bisa dilakukan. Baik itu sebagai sampingan sambil menunggu pekerjaan pasti atau pun diseriuskan dan ditekuni dengan baik. Modal yang tidak menguras namun mampu menjanjikan penghasilan tinggi pasti sangat menggoda.

Namun, tetap niatkan sebagai usaha dengan tidak terpaku pada penghasilannya saja. Untuk mendapatkan modalnya, selain menggunakan uang pribadi, kita juga bisa memanfaatkan pinjaman dari bank untuk UKM. Selain itu masih banyak program pemerintah dan swasta yang juga menyediakan bantuan pinjaman kepada mereka yang memang berniat untuk berwirausaha. Rata-rata persyaratan yang diminta adalah proposal dari jenis wirausaha yang kita ingin dirikan. Proposal ini harus mampu menggerakkan hati pemberi pinjaman, kita harus bisa menunjukan niat kita pada rencana usaha ini.

Peluang bisnis dengan modal kecil yang sekarang ada, sifatnya bisa online dan offline. Jenis usaha online sebetulnya lebih bisa menghemat modal lagi. Secara global kita sudah bisa menggenggam pasar baik itu yang kita targetkan maupun tidak.

Dunia online yang mampu mengkoneksikan berbagai orang di berbagai tempat dan kapan saja dan bisa langsung kita tangani sendiri bisa semakin meminimalisir segala sesuatunya. Bisnis online seperti online shop misalnya, tanpa kita punya barang kita sudah bisa menjadi penjual tanpa harus ribet.

Kita bisa menjadi melakukan dropship atau reseller. Menjual barang orang, memasarkannya secara online.

Tanpa harus pusing dan ribet menyetok hingga menyiapkan pengiriman. Kita bisa mengamil keuntungan dari harga barang yang kita pasarkan, dan membayarkan uang dari konsumen ke penjual aslinya seharga yang mereka minta. Resikonya sangat kecil dimana salah satunya complain konsumen.

Jadi, kita harus tahu secara detail barang yang kita dropship agar bisa menjelaskannya dengan baik dengan konsumen. Lebih penting lagi, kita harus mengambil barang yang kita reseller itu dari supplier yang terpercaya dengan reputasi yang sudah terjamin. Bisnis online ini rata-rata diambil para ibu rumah tangga serta anak muda yang menyenangi dunia bisnis. Pengerjaannya yang bisa dilakukan di rumah pun kerap dijadikan sampingan namun menjanjikan banyak keuntungan.

Selain membuka toko online baik itu menjual barang sendiri atau menjual barang orang lain, kita juga bisa memanfaatkan peluang bisnis dengan modal kecil secara online dengan menjadi penulis. Banyak penulis lepas yang dibutuhkan beberapa perusahaan untuk mengisi konten website berupa artikel. Baik itu bahasa inggris maupun bahasa Indonesia saat ini banyak dibutuhkan artikelnya.

Bagi yang senang menulis, tentu saja karena sesuai passion lama kelamaan bakat menulisnya akan semakin berkembang. Langkah ini bisa menjadi batu loncatan juga untuk latihan dan suatu hari membisniskannya. Jika senang menyelami dunia internet, bisnis yang bisa dicoba juga salah satunya berupa affiliasi.

Hampir sama dengan dropship atau reseller, affiliasi juga menjual produk yang tidak harus milik kita. Bedanya, produk tersebut tidak selamanya berbentuk barang. Ada yang bentuknya digital maupun membership.

Banyak bloger di Indonesia yang saat ini mampu membuktikan kesuksesannya. Kepandaiannya dalam menulis tidak jarang membuat blognya sering dikunjungi orang. Pengunjung akan menjadi sasaran bisnis yang tepat karena di blog kita bisa menaruh space untuk iklan.

Kita bisa menentukan sendiri harga yang diinginkan untuk pemasangan iklan di blog kita tersebut. Selain memanfaatkan blog, kita juga bisa memanfaatkan social media seperti facebook atau twitter untuk bisnis MLM secara online. MLM yang banyak diminati kini juga semakin berkembang mengkuti alur perkembangan tekhnologi. Downline yang harus kita cari perekrutannya secara online begitu juga untuk keanggotaan dan trainingnya. MLM secara online menghemat dana dan waktu. Kita hanya perlu modal internet dank ta-kata yang bagus agar dapat menjaring downline untuk meningkatkan poin dan keuntungan kita.

Untuk peluang bisnis dengan modal kecil yang dilakukan secara offline juga tak kalah banyaknya. Bisnis ini secara umum bisa dilakukan oleh pria maupun wanita dengan modal kecil. Bahkan modal tidak harus uang, berupa bakat dan hobi pun sudah bisa menjadi modalnya. Sebut saja menjahit, memasak, dan mengedit. Banyak orang punya hobi atau bakat merancang busana yang hanya disimpan begitu saja.

Padahal jika dikembangkan, mereka bisa sampai pada seorang desainer professional. Wujudkan rancangan yang telah dibuat menjadi nyata dengan menjahitnya.

Jika belum punya mesin jahit, kita bisa memanfaatkan jasa penjaht lain terlebih dahulu untuk menjahitkan pakaian yang kita rancang. Setelah menghasilkan keuntungan dan konsumen puas dengan baju rancangan kita, kita bisa membeli mesin jahit sendiri sehingga lebih besar untungnya. Kita bisa menjahitkan baju orang sekaligus menjahit baju rancangan sendiri.

Hobi memasak yang dimiliki tidak hanya wanita tapi juga pria, bisa dijadikan peluang bisnis usaha kuliner. Peluang bisnis dengan modal kecil untuk dunia kuliner bisa dimulai dengan membuat makanan ringan atau cake dan roti bagi mereka yang menyukai dunia pastry.

Bagi yang menyukai masakan berat ini lebih mberpeluang lagi, selain membuka warung makan, kita juga bisa mengembangkannya menjadi catering.

Modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak karena kita bisa menggunakan dapur rumah. Pengerjaan juga masih bisa ditangani sendiri untuk di awal-awal. Target pasar juga tidak perlu jauh dulu. Kita bisa memulai promosi pada lingkungan dan komunitas terdekat. Seiring kepuasan yang dirasakan konsumen, pasti pasar akan semakin luas karena promosi dari mulut ke mulut juga akan terjadi dengan sendirinya.

GRATIS - Materi pelatihan : Bagaimana Cara Menghasilkan 40 Juta/Bulan dari Internet. JANGAN DI-KLIK.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!